Ma’ruf Amin: Ekonomi Syariah Bisa Jadi Solusi Krisis Global

Wakil Presiden Ma'ruf Amin. (Foto: Dok Setwapres)

JAKARTA,MENITINI.COM– Berbagai persoalan ekonomi akibat krisis bisa menjadi momentum bagi Indonesia, khususnya, dalam menawarkan ekonomi syariah sebagai solusi pemulihan ekonomi global yang inklusif dan berkelanjutan. Hal tersebut diungkapkan Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin saat menghadiri acara Halalbihalal dan Silaturahmi Kerja Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI) di Jakarta, Jumat, (10/06/2022).

“Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar, kita tunjukkan bahwa ekonomi Islam adalah sebuah solusi bagi pemulihan ekonomi global yang berkeadilan, yang dapat menyentuh semua lapisan masyarakat,” tegas Wapres Ma’ruf Amin.
Ia menilai peluang menawarkan ide itu cukup besar karena Indonesia menjadi presidensi G20. Ma’ruf mengatakan permintaan tersebut didasari fakta bahwa sejauh ini sektor ekonomi dan keuangan syariah global terus mengalami pertumbuhan positif.

BACA JUGA:  Rantai Distribusi yang Panjang, Pemprov Bali tidak Jamin Harga Migor Sesuai HET

“Pada 2021 umat muslim mengeluarkan USD2 triliun untuk sektor makanan, farmasi, dan gaya hidup lain berprinsip syariah,” ungkap dia. Ma’ruf mengatakan nilai tersebut mencerminkan 8,9 persen pertumbuhan dari tahun sebelumnya. Bahkan, menurutnya, pengeluaran muslim global diperkirakan tumbuh sebesar 9,1 pada 2022.

“Potensi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah Indonesia juga sangat baik. Per Desember 2021 total aset keuangan syariah Indonesia (tidak termasuk saham syariah) mencapai Rp2.050 triliun. Hal ini tentunya menjadi modal yang sangat baik dalam hal penguatan maupun ketahanan ekonomi dan keuangan Indonesia,” papar Wapres.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*