Langkah Awal Cek Kesuburan di Bocah Indonesia Semakin Dipermudah

dr Beeleonie, BMedSc, Sp.OG - KFER selaku dokter obgyn PFBI
dr Beeleonie, BMedSc, Sp.OG - KFER selaku dokter obgyn PFBI. (foto: ist)

JAKARTA,MENITINI.COM-Fertilitas atau bisa disebut juga dengan kesuburan merupakan salah satu faktor penting bagi setiap pasangan dalam mendapatkan keturunan. Berdasarkan data Evaluasi Demographic and Health Surveys (DHS) yang dilakukan WHO pada 2004 memperkirakan lebih dari 186 juta wanita usia subur yang pernah menikah di negara berkembang mengalami infertilitas. Infertilitas menjadi suatu hal yang perlu kita perhatikan dan pedulikan sedari dini. 

Kendati demikian, permasalahan tersebut masih dianggap tabu untuk diperbincangkan sehingga menyebabkan kurangnya pemahaman dan pengetahuan masyarakat mengenai kondisi kesuburan masing-masing. Pusat Fertilitas Bocah Indonesia (PFBI) tergugah untuk memudahkan masyarakat dalam mengecek kesuburan melalui peluncuran platform e-commerce toko bocah”, program bocaffiliate dan peluncuran kembali 3  layanan bernama Embryology Counselling (EC), Fertility Workup (FW), dan Bocah 4 Langkah (B4L).

Embryology Counselling merupakan sebuah metode terkini berbasis media untuk menilai atau mengevaluasi kegagalan bayi tabung dengan cara melihat secara detail data IVF atau bayi tabungsebelumnya.

EC pada dasarnya bertujuan untuk menentukan langkah yang berbeda dan lebih optimal pd IVF berikutnya. Kita mengenal pepatah bahwa jika kita melakukan hal yg sama berulang tentunya kita tidak dapat berharap mendapatkan hasil yg berbeda”, ungkap dr Maitra Djiang Wen, Sp.And – KFER, MClinEmbryol (Australia) selaku Dokter Spesialis Andrologi & Kepala Team Laboratorium Embriologi Pusat Fertilitas Bocah Indonesia.

BACA JUGA:  Pelonggaran Masker Belum 100%, Siapa Saja Kelompok Wajib Masker?

Fertility Workup Obgyn suatu program untuk para wanita yang sudah pernah melakukan pemeriksaan atau sudah pernah menjalankan program hamil sebelumnya. “Jadi ini suatu yang lebih komprehensif, dimana wanita bisa mendiskusikan lebih lanjut permasalahan yang ada dari A sampai Z”, Imbuh dr Beeleonie, BMedSc, Sp.OG – KFER selaku dokter obgyn PFBI.

dr Gito R. Wasian, Sp.And selaku dokter andrologi PFBI menjelaskan “Fertility Workup Andrologi  dilakukan saat pria yang ingin melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan berkonsultasi dengan lebih komprehensif dengan dokter”. Fertility Workup dilakukan untuk pria yang sudah menikah lebih dari satu tahun, berhubungan secara teratur tanpa kontrasepsi dan sudah pernah melakukan analisis semen sebelumnya. Apabila didiagnosa dengan suatu kelainan tertentu nantinya kita bisa membahasnya lebih lanjut dan mencari program hamil yang sesuai, pungkas dr Gito.

BACA JUGA:  WHO Umumkan Bali Masuk Tiga Provinsi Penularan Omicron Secara Komunitas

Sedangkan Bocah 4 Langkah (B4L) merupakan sebuah paket pemeriksaan dasar lengkap untuk pasangan yang sudah menikah lebih dari 1 tahun. “Pemeriksaan B4L melingkupi USG transvaginal, analisa sperma, konsul dokter spesialis obgyn, konsul dokter spesialis andrologi”, ujar dr Cynthia Agnes Susanto, BMedSc, Sp.OG.

Digital Marketing Manager PFBI, Firman Bayu Aji mengatakan peluncuran layanan di e-commerce “toko bocah”dan affiliate program “bocaffiliate”  sekaligus bersamaan dengan peluncuran kembali 3 paket tersebut merupakan komitmen dari Bocah Indonesia untuk terus  memberikan kemudahan dan pelayanan terbaik untuk masyarakat Indonesia. “Sambutan baik dari pejuang dua garis setelah peluncuran awal marketplace kami inilah yang mendasari kita membuat e-commerce sendiri untuk memudahkan pasangan membeli layanan dengan memiliki banyak pilihan pembayaran mulai dari transfer, credit card, e-wallet hingga pay later. Hal ini sangat memudahkan pejuang dua garis untuk melakukan langkah awal cek kesuburan di Pusat Fertilitas Bocah Indonesia”. Selain itu pejuang dua garis bisa mendapatkan kesempatan mendapatkan komisi tambahan berupa uang tunai, tiket pesawat hingga program bayi tabung GRATIS, terang Firman. (rl/M-011)