Lama Terpuruk, Pariwisata Bali Sulit Bangkit, Ini Penjelasan Ketua PUTRI

Ketua DPD PUTRI Provinsi Bali, IGAA Inda Trimafo Yudha (dua dari kanan) saat kunjungan Menteri Sandiaga Uno.

DENPASAR, MENITINI.COM – Dampak ekonomi di masa pendemi Covid-19 membuat sejumlah pengusaha pun mulai berjatuhan.

Ketua DPD Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) Provinsi Bali, IGAA Inda Trimafo Yudha juga tak menampik. Menurutnya aspek kesehatan memang  paling utama. Namun, jika roda perekonomian Bali yang bergantung pada sektor pariwisata tetap tak bergairah, masalah baru akan muncul sebab perut harus tetap diisi. 

Cucu Pahlawan Nasional, I Gusti Ngurah Rai yang  juga danggota DPRD Badung Fraksi menilai pariwisata juga menjadi magnet sektor lain seperti pertanian, peternakan, UMKM, dan sejenisnya bisa survive.

Jika pariwisata dibuka dengan pengetatan maksimal pada protokol kesehatan, ia optimis para pengusaha pariwisata akan bangkit. “Namun bila kondisi pariwisata tetap terpuruk dan terus berlangsung lama maka pariwisata akan sulit untuk bangkit,”ujarnya

Bila pariwisata buka, selain para pekerja yang nyaris setahun di rumahkan pun bisa tersenyum, kehadiran Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno juga membawa berkah buat Bali.

“Jumat membawa berkah. Menteri Sandiaga Uno dan tim Kemenparekraf Republik Indonesia berkunjung ke Balai Budaya Girinata di kawasan Puspem Badung dan disambut langsung Bupati Badung Nyoman Giri Prasta didampingi oleh Wakil Bupati Ketut Suiasa dan Ketua DPRD Putu Parwata. Kami menyampaikan harapan bagi pemerintah  pusat agar kondisi pariwisata dapat bangkit perlahan. Bila terlalu lama terpuruk akibat pandemi, Bali akan lebih sulit bangkit,” ucap Gek Inda sapaannya saat dihubungu Senin (12/2/2021).

Kedatangan Menteri Sandi juga dimanfaatkan Gek untuk mengajak menteri berkunjung langsung ke beberapa agro tourism based factory. Antara lain POD Chocolate, Secret Garden Village, dan Sababay Winery. “Ini juga merupakan rangkaian acara DPD Putri Bali dan Bali Tourism Board sambil berdialog dengan pengelola dan pengusaha DTW daerah tujuan wisata yang belum mendapat perhatian khusus di saat pandemi. Astungkara alhamdulilah acara hari ini berjalan lancar berkat dukungan semua pihak. We do all we can untuk bertahan hidup dan bangkit,” tutupnya.edi/poll

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*