Kunci Diet dan Weekend Cheating Tetap Aman

Weekend cheating aman tanpa beban - pexels
Weekend cheating aman tanpa beban - pexels

DENPASAR, MENITINI.COM – Selamat berakhir pekan!

Tidak ada yang lebih nikmat selain menghabiskan waktu untuk bersantai saat akhir pekan. Namun, bukan alasan untuk kasih kendor program diet Anda ya. Hampir semua orang tergoda untuk mengambil akhir pekan sebagai momen cheating. Sebagian besar dari kita kurang terjadwal dan lebih santai pada hari Sabtu dan Minggu. Sayangnya ini yang sering membuat kita terlena sehingga lupa kalau makan lebih banyak dan kurang olahraga.

Jika tujuan Anda adalah mempertahankan berat badan, tambahan kalori akhir pekan mungkin tidak akan membuat perbedaan besar. Jika penurunan berat badan adalah tujuan Anda, kebiasaan cheating dapat menyebabkan masalah. Tetapi ada caranya untuk membuat program Anda berhasil walau sering cheating akhir pekan. Berikut rangkuman redaksi seputar weekend cheating!

Dampak Weekend Cheating

Sangat mudah untuk makan lebih banyak pada hari Sabtu dan Minggu. Anda lebih sering berada di rumah dan cenderung jajan saat Anda tidak ada aktivitas kerja. Benar atau tidak?

Tapi kalori yang Anda makan di akhir pekan sama pentingnya dengan kalori yang Anda makan selama seminggu. Faktanya, jika Anda memilih untuk tidak berolahraga di akhir pekan, kalori akhir pekan bisa berdampak lebih besar. Untuk menurunkan berat badan, Anda perlu untuk menciptakan defisit setidaknya 3.500 kalori setiap minggu. Itu berarti Anda harus mengonsumsi 500 kalori lebih sedikit per hari tiap harinya, atau mengonsumsi 250 kalori lebih sedikit per hari dan membakar 250 kalori ekstra dengan aktivitas fisik setiap hari.

BACA JUGA:  Tampar Chris Rock di Oscar 2022, Will Smith Merasa Malu

Kiat Menemukan Keseimbangan

Jika Anda berhasil menyesuaikan keseimbangan energi Anda dengan sempurna dari Senin sampai Jumat, maka makanlah sedikit ekstra di akhir pekan Anda. Weekend cheating tidak akan mengganggu proses diet Anda. Namun, jika Anda menggunakan hari Sabtu dan Minggu dengan terlalu banyak makan, Anda bisa berakhir dengan kelebihan kalori dan malah menambah berat badan. Tetapi jika Anda mengelola total kalori mingguan dengan sangat hati-hati, Anda mungkin bisa berakhir dengan defisit kalori yang signifikan. Hal ini akan membentuk semacam zona aman sehingga Anda dapat menikmati kalori ekstra dan tetap mencapai target defisit kalori. Untuk memudahkan, Anda dapat menggunakan bantuan dari aplikasi pelacak kalori pada gadget.

Tips Weekend Cheating Aman

Perencanaan makan dalam seminggu menjadi sangat penting. Dengan adanya rencana ini, weekend cheating pun dapat maksimal. Bonusnya, Anda lebih cenderung untuk tetap pada program makan sehat dalam jangka panjang. Beberapa tips program populer yang memasukkan weekend cheating antara lain:

  • Rencana 80/20

Rencana makan ini adalah program yang memungkinkan untuk weekend cheating. Termasuk salah satu desain diet mandiri, diet ini mewajibkan komposisi 80% makanan bernutrisi dan 20% makan bebas. Tapi biasanya, rencana 80/20 sering bekerja lebih baik untuk pemeliharaan berat badan daripada penurunan berat badan. Jika melangsingkan tubuh adalah tujuan Anda, lebih baik mengadopsi rencana 90/10. Anda dapat memilih satu menu makanan kaya lemak dan tetap pada rencana makan sehat Anda selama sisa akhir pekan.

BACA JUGA:  Resep Menua Anti Kendur dengan Latihan Dumbbell
  • Puasa Intermiten

Program puasa intermiten mengharuskan Anda mengonsumsi makanan yang sangat rendah kalori. Umumnya seperempat dari kalori yang biasanya Anda konsumsi. Kemudian Anda makan apa pun yang Anda inginkan pada akhir pekan tanpa harus merasa bersalah. Ada rencana 5:2 dan rencana puasa intermiten 4:3 yang bisa Anda pilih. Semua rencana ini bisa berhasil apabila Anda menciptakan defisit energi yang dibutuhkan untuk menurunkan berat badan. Tetapi mengelola kalori dan berolahraga dengan hati-hati adalah kuncinya.

Pantau Potensi Jebakan

Meskipun weekend cheating sesekali masuk akal, namun ketika Anda terus menerus ingin melakukannya, Anda patut waspada. Diet sehat untuk menurunkan berat badan harus menjadi program makan yang menurut Anda cukup memuaskan supaya tetap berjalan konsisten. Jika Anda masih menginginkan kue keju, kentang goreng, dan sepotong kue cokelat tebal setiap akhir pekan, hal ini menandakan Anda masih perlu penyesuaian.

Potensi jebakan kedua, weekend cheating sering membuat Anda terbayang-bayang makanan favorit.  Dengan kata lain, Anda membuat defisit kalori mingguan dengan membuat diri Anda kelaparan selama seminggu sehingga Anda bisa pesta saat akhir pekan. Pendekatan ini adalah contoh yang tidak sehat dan cenderung menyebabkan kegagalan diet. Jika Anda serius ingin menurunkan berat badan, maka Anda harus memperhatikan apa yang Anda makan setiap hari. Idealnya, jumlah kalori dalam sepekan harus seimbang. (M-010)