Kalah 1-3 Kontra Jepang, Timnas Indonesia Sudah Berjuang

JAKARTA,MENITINI.COM-Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Jepang pada laga terakhir Grup D Piala Asia 2023. Skuad Garuda kalah 1-3 di Stadion Al Thumama, Doha, Rabu (24/1/2024).

Laga baru berjalan lima menit, Jordi Amat melakukan pelanggaran terhadap Ayase Ueda di kotak penalti. Momen itu tidak membuat wasit Khamis Mohammed Al-Marri asal Qatar langsung memberikan tendangan 12 pas untuk Jepang.

Penalti diberikan setelah wasit Khamis Al-Marri meninjau VAR. Ayase Ueda yang menjadi algojo penalti dan mencetak gol.

Sepanjang 15 menit pertama Indonesia kesulitan mengembangkan permainan. Sementara itu, Jepang terus mengurung pertahanan Garuda.

Peluang pertama Indonesia didapatkan melalui aksi Marselino Ferdinan. Pemain asal KMSK Deinze itu melakukan pergerakan dari sisi kanan pertahanan Jepang, kemudian melepaskan umpan ke dalam kotak penalti, tetapi diblok oleh Yuta Nakayama sehingga hanya menghasilkan sepak pojok.

BACA JUGA:  DKI Jakarta Juara Piala Soeratin U-15

Menit ke 34 Jepang memberikan ancaman lewat Keito Nakamura. Namun, upayanya masih mengenai tiang kanan gawang Indonesia.

Pada babak kedua, Jepang mendapatkan gol cepat pada menit ke 51. Gol kembali dilesakkan oleh Ayase Ueda.

Pemain bernomor punggung 9 itu tinggal mencocor bola yang dilepaskan oleh Ritsu Doan. Ayase Ueda yang tidak terkawal langsung meneruskan bola itu ke gawang Indonesia.

Selepas gol itu timnas Indonesia mendapatkan peluang kedua. Namun, tendangan Marselino Ferdinan dari luar kotak penalti masih jauh di atas gawang Jepang yang dikawal Zion Suzuki.

Saat Indonesia berusaha untuk memperkecil skor, Jepang justru mendapatkan gol ketiga setelah Justin Hubner salah mengantisipasi bola sehingga menciptakan gol bunuh diri.

BACA JUGA:  Pulih dari Cedera, Asnawi Siap Bermain Lawan Irak di Piala Asia 2023

Upaya Indonesia untuk mendapatkan gol berbuah hasil di menit 90+1. Gol Indonesia dilesakkan oleh Sandy Walsh yang berawal dari lemparan ke dalam Pratama Arhan.

Skor 3-1 untuk Jepang tidak berubah sampai akhir laga. Dengan hasil ini, Jepang berhak ke babak 16 besar sebagai peringkat kedua Grup D.

Sementara itu, timnas Indonesia menempati peringkat 3 dengan tiga poin dari tiga laga. Kans Indonesia ke babak 16 besar melalui jalur peringkat tiga terbaik belum sepenuhnya tertutup. Syaratnya adalah Bahrain kalah minimal 0-3 dari Yordania. Selain itu, Oman juga tidak boleh menang atas Kirgistan.

  • Sumber: PSSI
  • Editor: Daton