Ini Hasil Polisi Mengecek Takaran dan Kualitas BBM di SPBU Jelang Mudik Lebaran

JEMBRANA,MENITINI.COM-Menjelang arus mudik lebaran, Satuan Reskrim Polres Jembrana melakukan pengecekan seluruh SPBU di wilayah Jembrana diperiksa terkait takaran dan kualitas Bahan Bakar Minyak (BBM), sejak Senin (25/3/2024) hingga Kamis (28/3/2023).

Dari pengecekan yang dilakukan tidak ditemukan pengurangan takaran BBM yang melanggar standar dan tidak ada indikasi penggunaan BBM oplosan yang dicampur dengan air.

Kasat Reskrim Polres Jembrana AKP Agus Riwayanto Diputra mengatakan, pemeriksaan dilakukan terhadap BBM bersubsidi, yaitu Pertalite dan Solar. Sebanyak 14 SPBU di lima kecamatan mendapat pemeriksaan intensif.

“Kami menggunakan bejana tera berisi 20 liter BBM yang sudah ditera ulang oleh Badan Metrologi Legal Singaraja. Hal ini untuk memastikan takaran BBM di SPBU sesuai dengan standar,” jelas AKP Agus Riwayanto.

BACA JUGA:  Pastikan THR dan Gaji Ke-13 Cair 100 Persen, Bupati Tamba Ajak Pegawai Kerja Keras

Tak hanya itu, petugas juga memeriksa kualitas BBM dengan mengambil sampel dan melakukan pengujian di laboratorium.

“Hasilnya, semua sampel BBM yang diuji memenuhi standar mutu,” ujarnya. Ditegaskan, Polres Jembrana juga akan terus melakukan pengawasan terhadap SPBU di wilayahnya untuk memastikan masyarakat mendapatkan BBM yang berkualitas dan sesuai dengan takaran yang seharusnya.

“Apabila ditemukan pelanggaran, kami akan menindak tegas sesuai dengan hukum yang berlaku,” ujarnya dengan tegas. (M-011)

  • Editor: Daton