HUT ke-89 RSU Negara, Diresmikan Pojok Wifi dan Bank Sampah

JEMBRANA,MENITINI.COM-Bupati I Nengah Tamba melaunching wifi corner dan Bank Sampah di Rumah Sakit Umum Negara, Jumat (15/12/2023). Peresmian tersebut bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun Rumah Sakit Umum Negara ke-89, yang juga diisi dengan kegiatan Jalan Sehat.

Dengan mengambil tema “Bersama Memajukan RSU Negara Menuju Masyarakat Jembrana Sehat Dan Bahagia” peringatan Hut RSU Negara Ke-89 berlangsung meriah.

Inovasi Bank Sampah hadir untuk mengelola sampah atau limbah yang dihasilkan terutama sampah non medis sehingga  mengurangi sampah domestik yg harus dibuang ke TPS.

Sementara , wifi corner menyediakan fasilitas gratis yang ditujukan kepada para penunggu pasien kamar rawat inap dan pengunjung RSU.

Dalam kesempatan tersebut Bupati I Nengah Tamba mengapresiasi inovasi-inovasi yang sudah di buat RSU Negara dalam hal kenyamanan pengunjung.

“Tentu pelayanan dan rasa nyaman pasien ini agar benar benar tercipta agar menjadi kesan yang diciptakan oleh orang orang yang datang ke rumah sakit, apa yang sudah dilakukan pada hari ini sudah menunjukan suatu dedikasi yang sangat tinggi,” ujarnya.

BACA JUGA:  Presiden Jokowi Groundbreaking Rumah Sakit Terintegrasi Pertama di Sorong

Selain itu Bupati Tamba juga menyampaikan sinergitas yang terjalin antara rumah sakit umum negara dengan Pemkab Jembrana dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat agar senantiasa terjalin dengan baik.

“Pelayanan rumah sakit perlu kita pikirkan bersama kedepan tidak saja keterlibatan internal rumah sakit saja tetapi juga kami dari jajaran Pemkab Jembrana juga tiada henti untuk memberikan suporting baik itu arahan bagaimana rumah sakit kita ini selalu ada dihati masyarakat,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu pula Bupati asal desa Kalialah itu menekankan kepada seluruh tenaga medis untuk senantiasa hadir memberikan pelayanan terbaik demi kesembuhan pasien.

Tujuan akhirnya menciptakan  rasa kepuasan pasien bahwa pada saat dirawat para tenaga medis baik  dokter dan perawat benar benar memperhatikan kondisi pasien.

“Saya berterimakasih  kepada teman teman dokter dan perawat yang melayani pasien yang masuk ke RSU dengan sabar, teliti sehingga akhirnya pasien itu bisa sembuh dengan cepat. Rasa kepuasan pasien bahwa pada saat di rawat dokter dan perawat dan yang lainya bener bener memperhatikan itulah yang kita utamakan,” ujarnya. 

BACA JUGA:  RS Harapan Kita dan Medtronic, Kolaborasi Tingkatkan Layanan dan Kemampuan Kesehatan Kardiovaskular di Indonesia 

Sementara itu, Direktur RSU Negara dr Ni Putu Eka Indrawati menjelaskan Bank Sampah Setia Kawan RSU Negara dengan tagline Dengan Kesapu Bersih (Kelola sampahmu jadi berkah dan kasih) yang berbasis aplikasi merupakan inovasi RSU Negara untuk mengelola sampah atau limbah yang dihasilkan terutama sampah non medis dengan tujuN mengurangi sampah domestik yg harus dibuang ke TPS.

“Bank sampah SETIA KAWAN RSU NEGARA bekerja sama dengan Koperasi Setia Kawan  dalam pengelolaannya. Saat ini yang menjadi nasabah baru berfokus pada karyawan dan karyawati RSU Negara dengan hasil pemilahan sampah yang dihasilkan oleh ruangan. Dan kedepannya akan dikembangkan untuk nasabah eksternal,” jelasnya.

Melalui  sampah daur ulang juga dapat mendatangkan benefit untuk kesejahteraan karyawan dan berbagi kasih untuk yang membutuhkan melalui kegiatan bantuan sosial.

“Sampah yang hasilkan oleh ruangan akan dipilah sesuai tempatnya yakni sampah organik, non organik dan sampah B3 (bahan  Berbahaya dan Beracun) di ruang sebagai penghasil sampah. Di bank sampah akan di sortir lagi sesuai jenisnya seperti botol plastik, kertas bekas, gelas plastik, kaleng minuman, dll, kemudian dilakukan penimbangan,Selanjutnya pencatatan melalui aplikasi, petugas bank sampah selanjutnya disimpan di ruang penyimpanan untuk selanjutnya diambil oleh pihak ke tiga,” ungkap Eka Endrawati.

BACA JUGA:  Paparan Cahaya Terang Malam Hari Berpotensi Kanker!

Selain bank sampah,  Ni Putu Eka Endrawati mengatakan launching Wifi Corner di RSU Negara bertujuan untuk menambah kenyamanan penunggu pasien yang datang ke RSU Negara.

“Dengan bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) para mengunjung RSU Negara akan dapat menikmati jaringan internet gratis. Wifi gratis tersebut bakal dipasang pada sejumlah titik,” pungkasnya.

Turut hadir pada puncak HUT RSU Negara ke – 89 wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna, sekda I Made Budiasa, perwakilan instansi vertical bersama segenap pegawai di lingkup RSU Negara. (M-011)

  • Editor: Daton