Dirjen Imigrasi Tinjau Layanan di Bali

Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim melakukan peninjauan terhadap pelayanan Keimigrasian pada Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai dan Rumah Detensi Imigrasi Denpasar pada Kamis (12/1).
Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim melakukan peninjauan terhadap pelayanan Keimigrasian pada Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai dan Rumah Detensi Imigrasi Denpasar pada Kamis (12/1). (Foto: Istimewa)

DENPASAR,MENITINI.COM-Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim melakukan peninjauan terhadap pelayanan Keimigrasian pada Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai dan Rumah Detensi Imigrasi Denpasar pada Kamis (12/1/2023).

Kedatangan Direktur Jenderal Imigrasi disambut langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali, Anggiat Napitupulu, Kepala Divisi Keimigrasian, Barron Ichsan serta para Kepala Unit Pelaksana Teknis Imigrasi di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali.

Kegiatan peninjauan tersebut dimulai dari Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar. Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar saat ini dapat mengakomodasi sebanyak 150 pelayanan paspor dan 500 pelayanan Warga Negara Asing (WNA) setiap harinya.

Pada kesempatan tersebut, Silmy Karim mengamati proses Pelayanan Permohonan Paspor dan Perpanjangan Izin Tinggal dari proses antrean, proses wawancara hingga proses foto dan mengamati fasilitas pelayanan yang ada. Direktur Jenderal Imigrasi juga berkesempatan menyapa para pemohon Paspor dan Perpanjangan Izin Tinggal serta menyambangi ruangan detensi imigrasi yang dijadikan tempat penampungan sementara bagi Orang Asing yang dikenai Tindakan Administratif Keimigrasian.

BACA JUGA:  Sebanyak 174 Orang Jadi Korban Bencana di Flores Timur

Selain melakukan peninjauan, Silmy Karim juga menyempatkan diri untuk memberi arahan kepada Pejabat Struktural pada Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar. Terdapat 3 hal yang ditekankan, yaitu pertama bagaimana menjadikan Organisasi menjadi lebih hebat, yang kedua adalah peningkatan kinerja anggota dan yang ketiga adalah peningkatan kontribusi kepada negara.

“Pelayanan menjadi target nomor 1 ” ucap Silmy Karim. Hal tersebut Sejalan dengan amanat yang disampaikan Presiden Joko Widodo yang mengupayakan pengembangan dan kemudahan pelayanan Keimigrasian baik kepada Warga Negara Indonesia (WNI) maupun Warga Negara Asing (WNA).
Selain itu, Direktur Jenderal Imigrasi berharap agar petugas di kantor imigrasi dapat bekerja dengan sepenuh hati dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

BACA JUGA:  Hari Guru Nasional, Sairdekut: Kemajuan Bangsa Ditentukan SDM 

“Tugas-tugas harus dijalankan dengan sebaik-baiknya” ajak dirjen imigrasi. Dalam kesempatan tersebut, Direktur Jenderal Imigrasi juga meminta dukungan dari seluruh jajaran agar dapat menjalankan tugas-tugas selaku Dirjen Imigrasi dengan optimal. “Sampaikan isu-isu aktual yang ada, dari masukan-masukan tersebut mari kita tingkatkan pelayanan di imigrasi” ujarnya.

Selanjutnya, Direktur Jenderal Imigrasi melakukan peninjauan ke Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai. Seperti di Kantor Imigrasi Denpasar, Silmy Karim meninjau ruang pelayanan paspor dan izin tinggal hingga fasilitas layanan ramah HAM. Dari peninjauannya, Dirjen Imigrasi memberikan Apresiasi terhadap pelayanan yang telah di berikan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai. “Ini diluar ekspektasi saya, saya berharap jajaran lainnya dapat melakukan hal yang sama” harapnya. Setelah melakukan peninjauan, Silmy Karim memberikan arahan kepada jajaran Kantor Imigrasi Kelas I TPI Khusus Ngurah Rai. “Layanan cepat dan bersih serta dukungan digitalisasi yang kita harapkan kedepan untuk meningkatkan pelayanan imigrasi,” ujar Silmy Karim dalam arahannya.

BACA JUGA:  Pelajar di Klungkung Bali Jatuh di Jurang Sedalam 40 Meter

Selepas dari Kantor Imigrasi Kelas I TPI Ngurah Rai, Direktur Jenderal Imigrasi kemudian melanjutkan peninjauan ke Rumah Detensi Imigrasi Denpasar. Berbeda dengan Kantor Imigrasi, Silmy Karim meninjau ruang kunjungan deteni dan blok hunian deteni serta berinteraksi dengan para Deteni.