Daun Kelor Miliki Beragam Manfaat, Salah Satunya Menghambat Kanker

DENPASAR,MENITINI.COM, Daun kelor atau yang sering disebut merunggai merupakan jenis tumbuhan yang memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Kelor adalah tanaman yang bisa tumbuh dengan cepat, berumur panjang dan berbunga sepanjang tahun. Kelor juga tahan kondisi panas ekstrim. Tanaman ini umum digunakan untuk menjadi pangan dan obat di Indonesia.

Biji dari kelor juga digunakan sebagai penjernih air dalam skala kecil. Kelor memiliki beberapa kasiat bagi kesehatan, di antaranya :

1. Mencegah kanker
Ekstrak kelor mampu mencegah pertumbuhan dan reproduksi sel-sel kanker. Peneliti menyimpulkan bahwa daun kelor menunjukkan potensi sebagai pencegahan alami kanker.
Antioksidan di dalam daun kelor sangat tinggi, selain itu kandungan potasium yang tinggi. Membuat daun kelor memiliki khasiat untuk memperlambat bahkan menghilangkan kanker di dalam tubuh.

BACA JUGA:  54 PMI Asal Denpasar Akhiri Masa Karantina, Sumbang APD ke Pemerintah Kota

2. Mencegah penyakit jantung

Sebuah studi pada hewan di laboratorium yang diterbitkan dalam edisi Februari 2009 dari “Journal of Medicinal Food” menemukan bahwa daun kelor mampu mencegah kerusakan jantung dan memberikan manfaat antioksidan.

3. Mengurangi kadar gula dalam darah
Daun kelor dapat mengurangi kadar gula dalam darah sehingga menjadi normal. Daun kelor dapat dijadikan sebagai insulin alami untuk mengatasi diabetes. Sehingga konsumsi sayur daun kelor bisa mencegah penyakit gula darah atau diabetes.

Berbagai manfaat daun kelor tersebut kini mulai dikembangkan sebagai sebuah alternatif pengobatan. Banyak di antara para pegiat herbal memanfaatkan daun kelor untuk mencegah dan melawan penyakit yang menjangkit tubuh.

BACA JUGA:  Cegah Penularan Covid-19, Pemkot Denpasar Lakukan Penyemprotan Rutin di Jalan Gajah Mada

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*