Bali Tuan Rumah Latihan Respon Bencana Gempa Bumi Asia Pasifik

Persiapan Bali jadi tuan rumah latihan respon bencana gempa bumi, Selasa (19/7/2022).
Persiapan Bali jadi tuan rumah latihan respon bencana gempa bumi, Selasa (19/7/2022). (foto: M-006)

DENPASAR, MENITINI.COM-Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) akan menyelenggarakan INSARAG Asia-Pacific Regional Earthquake Response Exercise (AP ERE) di Bali pada tanggal 5 hingga 9 September 2022. Acara yang rencananya dihadiri ratusan peserta dari luar negri dan dalam negri tersebut memerlukan persiapan yang serius.

Dalam rangka mempersiapkan kegiatan tersebut, Basarnas mengundang para Exercise Controller (Excon) untuk melaksanakan Recce Mission di Bali. Rapat hari pertama berlangsung kemarin Senin (18/7/2022) dan akan dilakukan selama 2 hari. Recce Mission dihadiri oleh tim Excon yang berasal dari Australia, Korea Selatan, Malaysia dan Singapura serta Excon nasional yang berasal dari Kementerian Luar Negeri, Kementerian Kesehatan, BNPB, Dirjen Bea Cukai, PMI, MDMC. “Intinya Bali siap menjadi tuan rumah yang baik, dan kami saat ini sedang melakukan persiapan tersebut,” ujarnya, Selasa (19/7/2022).

BACA JUGA:  Lakalantas di Ida Bagus Mantra, Satu Tewas, Empat Luka-Luka¬†

Kegiatan diawali dengan sambutan dari Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar, Gede Darmada. Ia mengutarakan apresiasi dengan terselenggaranya kegiatan bertaraf internasional ini, dimana Bali terpilih sebagai tuan rumah. Tentunya selaku pimpinan telah menyiapkan secara maksimal segala sesuatu yang diperlukan untuk mendukung kegiatan tersebut sehingga dapat berjalan lancar dan sukses.

Selama dua hari, kegiatan dilakukan di 2 tempat berbeda yakni Discovery Kartika Plaza Hotel dan Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar. Rapat ini bertujuan untuk menyusun rencana penyelenggaraan AP ERE 2022, finalisasi dokumen kegiatan dan menyepakati perencanaan pertemuan Excon di Bulan Agustus 2022. M-006