Kamis, 18 Juli, 2024

Kondisi Restoran Panorama yang berlokasi di tanjakan Karang Panjang, Kota Ambon. (Foto: M-009)

AMBON, MENITINI.COM – Sepekan ini hujan mengguyur Kota Ambon, bahkan sejak Kamis (15/6/2023) pagi, hingga sore menyebabkan banjir dan longsor di sejumlah titik di Kota Ambon.

Sebelumnya Badan Penanggulangan Bencana Kota Ambon mencatat puluhan rumah alami longsor, dan ratusan terendam banjir di beberapa titik di Kota Ambon.

Kamis siang longsor terjadi di Karang Panjang. Restoran Panorama, yang berada di tanjakan Karang Panjang alami longsor. Sebagian bangunan restoran itu roboh.

Sejumlah saksi mata di tempat kejadian, talud penahan tanah dimana Restoran Panorama berdiri awalnya alami ambruk. Seketika sebagian bangunan restoran milik Hotel Amans Ambon itu ambruk.

Warga yang bermukim di wilayah itu berusaha membersihkan material longsor seperti lumpur dan batu karang. Pengguna kendaraan bermotor yang melintasi jalan itu, diminta untuk berhati-hati.

BACA JUGA:  Longsor Akibat Hujan Deras di Kota Ambon, 11 KK Mengungsi

Perkiraan cuaca yang dirilis Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika Ambon, mencatat hujan lebat akan terjadi dari siang hingga malam nanti.

Sementara Pemerinta Kota Ambon meminta warganya yang menetap di bantaran sungai atau Kali, dan lereng bulit untuk selalu waspada. Terutama warga yang rumahnya sudah masuk rawan banjir dan longsor. (M-009).

  • Editor: Daton