VIDEO: Misa Perdana Masa Pandemi Covid19 di Katedral Roh Kudus Denpasar

DENPASAR, MENITINI.COM – Gereja Katedral Denpasar akhirnya melaksanakan misa atau Perayaan Ekariasti pertamanya di awal masa new normal, Minggu (5/7).

Misa II dipimpin langsung Uskup Denpasar (Bali dan NTB) Mgr. Silvester San, Pr. Dihadiri 208 umat Katolik dari kapasitas gereja 2000 orang, upacara tetap dilakukan dengan khusuk dan hikmat. Upacara yang sama sudah dilakukan sejak Sabtu sore (4/7) dan dilaksanakan pada Minggu (5/7) untuk misa pagi hari dan sore hari. Misa berlangsung secara singkat karena ada beberapa bagian tata upacara yang hanya didaraskan tanpa ada nyanyian sebagaimana biasa.

Menurut Uskup Denpasar, sekalipun gereja di Keuskupan Denpasar sudah dibuka namun protokol kesehatan tetap menjadi panglima tertinggi. Hal ini didasari oleh adanya semangat untuk terhindar dari penularan Covid19 di gereja.

BACA JUGA:  Video: Bali Belajar Pengolahan Sampah di TPA Jabon Sidoarjo

Selama tiga bulan, perayaan dilakukan di rumah melalui live streaming dan siaran televisi. Kemudian, awal Juni, Presiden Jokowi mengumumkan New Normal. “Kepada kita semua warga, diminta untuk memenuhi protokol kesehatan. Karena selama 3 bulan, umat ingin cepat selesai dengan situasi yang sulit. Antara kesehatan dan ekonomi harus berjalan seimbang. Makanya protokol kesehatan juga diterapkan di Gereja Katolik secara ketat,” ujarnya.

Semua kegiatan ibadat bisa dibuka. Di Keuskupan Denpasar dibuka dengan melaksanakan dengan protokol kesehatan dan anjuran Gugus Tugas. “Mereka yang belum nyaman juga tidak dipaksa ke gereja. Jaga jarak, gunakan masker, cuci tangan, hindari kerumunan. Kita tetap beribadat secara sehat, terhindar dari Covid19. Kita perlu proses dan waktu untuk terus menyesuaikan dengan protokol kesehatan. Kita harus tetap hidup dan tetap sehat,” kata Silvester San. poll

BACA JUGA:  VIDEO Kapal Ikan KM Arta Minatama Terbakar

Simak Videonya:

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*