Ratusan Anak PAUD di Jembrana Meriahkan Pawai Ogoh-ogoh

JEMBRANA,MENITINI.COM- Ratusan anak TK dan PAUD di kabupaten Jembrana ikut berpartisipasi meramaikan pawai ogoh-ogoh mini yang diselenggarakan di depan Kantor Bupati Jembrana, Rabu (6/3/2024).

Pawai dibuka oleh Bupati Jembrana I Nengah Tamba didampingi Wakil Bupati I Gede Ngurah Patriana Krisna dan Bunda PAUD Ny. Candrawati Tamba serta jajaran Forkopimda kabupaten Jembrana ditandai dengan pemukulan kulkul sebagai tanda dimulainya pawai yang diikuti oleh 23 kontingen TK dan PAUD se-Kabupaten Jembrana.

Selain menampilkan atraksi ogoh-ogoh, para siswa TK dan PAUD ini juga menampilkan fragmentari yang mengisahkan berbagai cerita pewayangan seperti Rama Shinta, cerita mitos serta berbagai tarian kreasi yang dibawakan dengan apik oleh anak-anak ini.

Sejumlah anak pun dengan terampil memainkan alat musik tradisional seperti gamelan untuk mengiringi atraksi ogoh-ogoh dan tarian kreasi tersebut.

BACA JUGA:  Guru Profesi Terhormat Cerdaskan Anak Bangsa

Pawai ogoh-ogoh anak PAUD ini selain menyemarakkan perayaan Hari Raya Nyepi tahun Baru caka 1946, juga untuk mengenalkan anak-anak terhadap adat dan budaya. Hal tersebut disampaikan Bupati Jembrana I Nengah Tamba saat memberikan sambutan dihadap tamu undangan dan masyarakat yang hadir menyaksikan pawai.

“Acara ini dari tahun ke tahun sudah kita laksanakan mengingat kita harus memulai dari usia dini mengajarkan kepada anak-anak kita bagaimana mereka memahami dan taat kepada adat dan budaya kita di Jembrana ini,” ucapnya.

Terik matahari tidak menyurutkan semangat ratusan anak-anak TK dan PAUD untuk mengikuti pawai, begitu juga ribuan penonton yang sangat antusias menyaksikan kelucuan siswa PAUD dalam mengarak ogoh-ogohnya.

 Bupati Tamba mengapresiasi semangat anak-anak TK dan PAUD yang dengan senang gembira ikut memeriahkan pawai ogoh-ogoh serta berani tampil dihadapan penonton yang memadati sepanjang jalan pawai.

BACA JUGA:  Diskerpus Gelar Bimtek Kearsipan dan Perpustakaan Bagi Kepala Desa se-Badung

“Saya senang melihat anak-anak kita dengan bahagia mengikuti pawai ini. Semoga dapat menumbuhkan rasa cinta mereka terhadap adat dan budaya yang kita miliki,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Panitia Pawai Ogoh-ogoh PAUD, A. A. Bagus Hendra Sugihantara Putra mengatakan terselenggaranya pawai ini sebagai bentuk kerjasama semua pihak dalam pendidikan anak-anak serta menyiapkan transisi yang menyenangkan dari Pendidikan Anak Usia Dini ke jenjang Sekolah Dasar.

“Kegiatan pawai ogoh-ogoh ini sebagai salah satu bukti sinergitas pendidikan antara keluarga, sekolah dan masyarakat serta momentum bersama untuk mencapai karakter pendidikan dan kebudayaan anak PAUD terutama untuk mencapai profil pelajar Pancasila dan dukungan gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan di kabupaten Jembrana,” ucapnya.

BACA JUGA:  Kawal Program BAAS, Bupati Tamba dan Wabup Ipat Kompak Kunjungi Anak Stunting

Lebih lanjut, kata Bagus Hendra penyelenggaraan pawai ogoh-ogoh PAUD melibatkan sejumlah instansi mulai dari Pemerintah Daerah hingga organisasi penduduk dunia pendidikan khususnya TK dan PAUD.

“Kepanitiaan ini merupakan kolaborasi antara Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga kabupaten Jembrana, Peradah Jembrana, Pokja Bunda PAUD kabupaten Jembrana, dan organisasi mitra lainnya,” sambungnya.

Selain itu, pihaknya juga menyampaikan para peserta merupakan sekolah TK dan PAUD maupun gabungan dari beberapa TK dan PAUD ditingkatkan Kecamatan. “Pawai ogoh-ogoh anak PAUD ini diikuti oleh 23 kontingen yang terdiri dari satuan pendidikan dan gugus PAUD yaitu gabungan beberapa sekolah dari lingkup kecamatan,” pungkasnya. (M-011)

  • Editor: Daton