MediaTek Luncurkan Chipset Khusus TV Pintar

Ilisutrasi TV Pintar
Ilisutrasi TV Pintar. (Foto: ist)

JAKARTA,MENITINI.COM-Perusahaan semikonduktor asal Taiwan, MediaTek meluncurkan chipset baru khusus untuk TV Pintar atau smart TV bernama Pentonic 1000. Chip tersebut dirancang untuk mendukung pengalaman menonton yang handal dengan menampilkan kualitas 4K serta refresh rate 120 Hz.

“Kami merancang MediaTek Pentonic 1000 secara khusus untuk mengakomodasi tren smart TV saat ini, termasuk streaming 4K, game cloud, konferensi video, dan aktivitas menonton bersama,” kata General Manager Unit Bisnis TV di MediaTek Alex Chen dalam keterangan resminya, Sabtu (12/11/2022) dikutip ANTARA.

Selain berfokus pada dukungan untuk tampilan di layar, cip ini juga membawa banyak keunggulan lainnya seperti dukungan Wi-Fi 6/6E, MMEC untuk kualitas video yang lebih halus, hingga Dolby Vision IQ.

BACA JUGA:  iPhone 15 Pro Dapat Melenyapkan Volume Mekanis dan Tombol Daya

Ada juga fitur “Intelligent View” sehingga pengguna bisa menonton beberapa streaming konten sekaligus.

TV Pintar yang menggunakan Pentonic 1000 juga bisa dimanfaatkan oleh pecinta gaming karena sudah mampu mendukung VRR (Variable Refresh rate) hingga 4K pada 144Hz untuk gim.

Fitur unggulan lainnya untuk para gamers ialah “Auto Low Latency Mode” (ALLM) sehingga pengguna bisa lebih lincah ketika bermain gim.

Kecerdasan buatan di Pentonic 1000 juga diklaim sudah satu langkah lebih tinggi dibandingkan dengan pesaingnya.

Contohnya seperti AI- Super Resolution (AI-SR), AI-Picture Quality (AI-PQ) Scene Recognition, dan AI-PQ Object Recognition.

Untuk AI-SR MediaTek meningkatkan segi tampilan yang menghasilkan penghalusan tepi dan rekonstruksi detail sehingga dapat menayangkan konten beresolusi FHD terlihat seperti resolusi 4K.

BACA JUGA:  Heboh Matahari Terbit dari Barat, Begini Penjelasan NASA

Sedangkan untuk AI-PQ mampu meningkatkan kualitas gambar untuk persepsi kedalaman yang realistis sehingga mampu konten terasa lebih hidup. Smart TV yang ditenagai oleh Pentonic 1000 akan tersedia di pasaran pada kuartal pertama tahun 2023.

Sumber: ANTARA