Lewati Maut, Satu Warga Haria Ditemukan Selamat di Tulehu

Korban Johanis Pattilemonia saat di Dusun Air Panas, Desa Tulehu.
Korban Johanis Pattilemonia saat di Dusun Air Panas, Desa Tulehu.

AMBON, MENITINI.COM- Selamat dari maut, Johanis Pattilemonia alias Joko, warga Desa Haria, Kecamatan Saparua, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), saat sedang memancing ikan Tuna, di tengah cuaca alam yang tidak bersahabat, justru membawa malapetaka baginya.

Kronologisnya, ketika ketinting yang ditumpangi Joko terbalik akibat dihantam ombak dan  hanyut terbawa arus laut, sehingga Joko ditemukan di Dusun Air Panas, Desa Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Malteng, Senin 18 Juli 2022.

Hal ini berawal, ketika Kapolsek Saparua AKP Jacup Hulayo  mendapat Informasi melalui postingan  Facebook, Senin 18 Juli 2022 sekira pukul 17.30 WIT, bahwa  ada warga Haria Tenggelam dengan Ketinting atas nama Joko Pattilemomia dan sekarang ditemukan ada di Tulehu.

BACA JUGA:  Seorang Nelayan Negeri Haruku Hilang, belum Ditemukan

Selanjutnya, Kasi Humas Polresta Ambon dan Pulau-pulau Lease, Ipda Moyo Utomo menuturkan, sekira pukul 19.00 WIT, Kapolsek Saparua bersama Personil Polsek Saparua, mendatangi Kepala Desa Haria Nikodemus Sahureka, mengecek kebenaran informasi dan memperoleh keterangan dari Kades kalau mereka telah mendapatkan informasi dari Tulehu dan sudah mengecek kebenarannya.” Bahwa benar, Senin 18 Juli 2022 sekira  pukul  06.00 WIT bertempat di perairan Pulau Molana, Desa Haria telah terjadi kecelakaan Laut, atas nama Johanis Pattilemonia,’kata Moyo, Senin (18/7/2022).

Moyo mengaku, sesuai pengakuan korban bahwa  turun melaut untuk mencari Ikan Tuna, Senin 18 Juli 2022  sekira  pukul 05.00 WIT dengan menggunakan bodi (Ketinting ).”Sekira pukul 06.00 WIT korban diterpa angin dan gelombang pada perairan belakang pulau Molana, Desa Haria mengakibatkan perahu/ketinting korban tenggelam dan terjebur masuk ke dalam laut kemudian korban berenang dengan mengunakan 1 (satu) buah Jirgen,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Tak Ada Pos Pengamanan Terpisah TNI-Polri, Ini Penjelasan Polda Maluku

Selanjutnya, Sekira pukul  14.00 WIT korban  terbawa arus sampai di perairan Desa Oma Kecamatan Pulau Haruku. ”Joko kemudian  ditemukan atau di tolong oleh Nelayan dari dusun Air Panas, Desa Tulehu Kecamatan. Salahutu atas nama Jony Pelupessy dan Fenty Pettipeilohy,” terangnya.

Kemudian sekira pukul  16.00 WIT korban tiba di Dusun Air panas Desa Tulehu dan diberikan pertolongan oleh keluarga Jony Pelupessy. “Sekira pukul  20.00 WIT, Wakapolsek Saparua,  Ipda M Salatalohi, tiba  di rumah Joni Pelupessy di Dusun Air Panas Desa Tulehu, menjenguk korban dan korban dalam keadaan sehat. Direncanakan besok pagi akan dijemput keluarganya dari Desa Haria,” tutup Moyo.(M-009)

BACA JUGA:  Ijogading Timur Rebut Mekepung Jembrana Cup 2022