Senin, 24 Juni, 2024

Presiden Jokowi dalam acara world water forum ke-10 di Nusa Dua, Bali. (Foto: Screenshoot kanal sekretariat presiden).

NUSA DUA,MENITINI.COM-Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka World Water Forum ke-10 di Nusa Dua, Bali pada Senin (20/5/2024).

“Dan dengan mengucap bismillahir Forum Air Sedunia ke-10 secara resmi saya nyatakan dibuka,” ujar Presiden Jokowi saat membuka acara yang berlangsung 18-25 Mei 2024.

Rangkaian WWF telah dimulai sejak Sabtu (18/5) dengan ritual upacara Segara Kerthi yang dilaksanakan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kura-kura Bali, Denpasar.

Kemudian, pada hari berikutnya para dilaksanakan Gala Dinner di Garuda Wisnu Kencana untuk menyambut kedatangan para delegasi.

World Water Forum ke-10 mempertemukan para peserta dari berbagai tingkatan dan bidang, termasuk politik, lembaga multilateral, akademisi, masyarakat sipil, dan sektor swasta.

BACA JUGA:  Presiden Jokowi Ajak Keluarga Kunjungi Candi Borobudur

World Water Forum sendiri diselenggarakan setiap tiga tahun sekali dengan kerja sama antara negara tuan rumah dan World Water Council (WWC).

Forum ini menjadi sarana pertemuan internasional yang membahas tentang isu-isu air secara global, khususnya membahas serta merumuskan kebijakan tata kelola air dan sanitasi dunia.

Gelaran internasional ini terakhir kali dilaksanakan di Senegal pada 2022 dengan mengusung tema Ketahanan Air untuk Perdamaian dan Pembangunan. Acara ini mengalami penundaan satu tahun dikarenakan pandemi Covid-19. Di Indonesia kali ini, World Water Forum ke-10 mengusung tema Water for Shared Prosperity atau Air untuk Kesejahteraan Bersama.

  • Editor: Daton