Minggu, 26 Mei, 2024
Ilustrasi gempa

Ilustrasi gempa. (net)

JAKARTA,MENITINI.COM-Gempa bumi bermagnitudo 6,3 skala Richter melanda wilayah Hualien di Taiwan timur pada Selasa (23/4/2024) dini hari. Gempa mengguncang gedung-gedung di ibu kota, Taipei. Gempa memiliki kedalaman 5,5 km (3,4 mil), kata badan cuaca.

Taiwan telah dilanda ratusan gempa susulan setelah gempa berkekuatan 7,2 skala Richter melanda Hualien awal bulan ini. Gempa kuat pertama – berkekuatan 5,5 skala richter – terjadi pada hari Senin (22/4) sekitar pukul 17.08 waktu setempat, menurut Administrasi Cuaca Pusat. Hal itu bisa dirasakan di ibu kota Taipei. Lalu gempa susulan dan gempa bumi, dengan dua guncangan hebat yang terjadi satu demi satu sekitar pukul 02.30 pada hari Selasa dini hari.

BACA JUGA:  Gempa Tuban Sebabkan 143 KK Terdampak

“Saya sedang mencuci tangan, dan tiba-tiba merasakan apa yang saya kira sebagai vertigo,” kata Olivier Bonifacio, seorang turis yang tinggal di distrik Da’an di Taipei, kepada AFP.

Badan Cuaca Pusat mengatakan gempa berkekuatan 6,0 terjadi pada pukul 02.26 dini hari, diikuti enam menit kemudian dengan gempa berkekuatan 6,3 skala Richter.

Survei Geologi AS menyebutkan gempa pertama berkekuatan 6,1 skala richter, disusul gempa berkekuatan 6,0 skala Richter.

  • Editor: Daton

TERKAIT