Gelar Rapat Darurat di Sela KTT G20, Pemimpin G7 Kecam Serangan Rusia

Rapat darurat pemimpin G7 berlangsung di sela KTT G20 di Bali, Rabu, 16 November 2022.
Rapat darurat pemimpin G7 berlangsung di sela KTT G20 di Bali, Rabu, 16 November 2022. (Foto: SAUL LOEB / AFP)

BADUNG,MENITINI.COM-Jajaran pemimpin negara anggota G7 dan NATO menggelar rapat darurat di sela KTT G20 di Bali, Rab (16/11/2022). Pertemuan yang diinisiasi Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden itu membahas seputar agresi Rusia dan serangan rudal di Polandia.

Dalam rapat darurat hadir pemimpin Kanada, Uni Eropa, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Spanyol, Inggris dan AS.

“Kami mengecam serangan rudal yang dilakukan Rusia terhadap kota-kota dan infrastruktur sipil Ukraina pada Selasa kemarin,” ujar pernyataan bersama pemimpin G7 dan NATO dikutip Medcom.id.

Mengenai ledakan yang diduga berasal dari serangan rudal di Polandia, para pemimpin sepakat untuk memberikan dukungan penuh kepada negara anggota NATO tersebut. Mereka juga sepakat untuk mendukung investigasi yang masih berjalan terkait serangan yang menewaskan dua orang di Polandia. “Kami sepakat untuk tetap berkomunikasi untuk menentukan langkah-langkah tepat seiring berjalannya investigasi,” sebut pernyataan bersama.

BACA JUGA:  Ukraina Nyatakan Keadaan Darurat

Para pemimpin kembali menyampaikan dukungan kuat mereka kepada Ukraina di tengah agresi Rusia, yang sudah memasuki bulan kesembilan sejak pertama kali berlangsung pada Februari lalu.

“Kami mengekspresikan belasungkawa kepada keluarga dari para korban (agresi Rusia) di Polandia dan Ukraina,” tutup pernyataan bersama tersebut.

Sejumlah laporan mengindikasikan bahwa serangan di Polandia berasal dari Rusia. Namun Kementerian Pertahanan Rusia membantahnya, dan menyebut laporan tersebut sebagai sebuah “provokasi yang disengaja.” Sebelumnya, Biden juga mengatakan bahwa serangan di Polandia kemungkinan bukan berasal dari Rusia.

Sumber: Medcom.id