Erick Thohir Calonkan Diri Jadi Ketua Umum PSSI

Erick Thohir.
Menteri BUMN Erick Thohir. (foto: Dok. Media Indonesia)

JAKARTA,MENITINI.COM-Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir resmi mencalonkan diri sebagai Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI dijadwalkan akan digelar pada 16 Februari mendatang.

Melansir CNNIndonesia, Erick Thohir tak sendirian ke kantor PSSI,  di GBK Arena, Jakarta, Minggu (15/1) pukul 10.45 WIB. Ia didampingi oleh Direktur Utama Persis Solo, Kaesang Pangarep, Chairman Rans Nusantara FC Raffi Ahmad hingga perwakilan Persib Bandung Teddy Tjahjono.

Kepada awak media, Erick Thohir mengucapkan rasa terima kasih kepada para voters. Ia juga menegaskan perlu nyali untuk menjadikan sepak bola Indonesia yang bersih dan berprestasi.

“Sudah banyak teori dalam perbaikan sepak bola Indonesia. Betul nggak? Banyak teori banyak konsep. Sebenarnya yang perlu dilakukan adalah kita bernyali untuk sepak bola yang bersih dan berprestasi. Itu yang terpenting,” ujarnyaseperti dikutip CNNIndonesia.com.

BACA JUGA:  Jembrana Gelar 'Golf Tournament Charity Jembrana Bahagia'

“Karena itu saya terima kasih kepada voters yang datang. Ada pak Teddy, Persis, Rans, Atta dan ada mas Baim yang melirik industri sepak bola. Saya terima kasih pada voters,” tambahnya.

Erick Thohir jadi orang kedua yang telah resmi mendaftarkan diri sebagai calon ketua umum PSSI. Sebelumnya Ketua DPD La Nyalla Mattalitti sudah lebih dulu menyerahkan berkas pencalonan ketua umum PSSI pada Jumat (13/1/2023).

Erick pernah menjadi ketua umum PP Perbasi pada 2006-2010. Ia juga sempat menjabat sebagai ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) pada 2015-2019. Dalam kepemimpinannya, Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

Dalam bisnis olahraga, Erick pernah memiliki saham di klub NBA yakni Philadelphia 76ers. Ia juga memiliki saham di klub MLS, DC United.

BACA JUGA:  Piala Presiden 2022 Dapat Dihadiri 75 Persen Penonton

Erick melebarkan sayap ke sepak bola ketika membeli saham klub raksasa asal Italia, Inter Milan pada 2013 lalu. Namun dua saham di klub ternama itu dijual oleh Erick, yaitu Inter Milan pada 2016 dan DC United pada tahun 2018. Ia kini masih memiliki mayoritas saham klub Liga Inggris, Oxford United bersama Anindya Bakrie. Di Liga Indonesia, Erick juga mempunyai saham Persis Solo dengan menggandeng putra Jokowi, Kaesang Pangarep. (M-003)

Editor: UIK