Dermaga Lovina Rusak, Membahayang Pengunjung, Perbaikan Kewenangan Pemerintah Propinsi Bali

Kondisi dermaga Pantai Lovina yang sangat meprihatinkan dan membahayakan pengunjung

BULELENG, MENITINI,COM – Kondisi dermaga Pantai Lovina di Desa Kalibukbuk, Buleleng, sangatlah memprihatinkan karena rusak. Bahkan tampak, kondisi jembatan yang bagian bawahnya sudah mulai bolong dan posisi jembatan yang miring. Kondisi ini dikhawatirkan akan merusak pemandangan pariwisata Lovina. Sementara untuk perbaikan menjaddi kewenangan pemerintah Provinsi Bali.

Akibat rusaknya dermaga Lovina itu, sejumlah masyarakat sekitar mulai merasa khawatir karena takut dermaga itu akan ambruk. Padahal, lokasi dermaga ini sering dipakai lokasi berfoto oleh pengunjung atau wisatawan untuk melihat matahari terbit dan tenggelam. Ditakutkan ini membahayakan wisatawan yang berkunjung.

Perbekel Desa Kalibukbuk, Ketut Suka tak menampik, saat ini kondisi dermaga Lovina yang rusak. Suka mengaku, sebelumnya sudah pernah mengusulkan perbaikan dermaga itu kepada pemerintah. “Sudah pernah kami usulkan untuk diperbaiki. Kalau ini dibiarkan terlalu lama kan membahayakan,” kata Perbekel Suka, Kamis (26/11) siang.

BACA JUGA:  Wanita 37 Tahun Tewas di Selangkangan PIL Saat Berhubungan Badan

Bahkan pihak desa sebelumnya juga sudah melakukan perbaikan dermaga Lovina tersebut dengan seadanya. Setidaknya, agar tidak membahayakan bagi wisatawan yang datang. Hanya saja kata Suka, perbaikan itu hanya sebatas perawatan.

Untuk perbaikan lanjutan dermaga itu, kata Suka, masih tidak bisa lagi dilakukan. Mengingat, kewenangan untuk memperbaiki ada di Provinsi, sehingga pihaknya tidak berani bertindak terlalu jauh agar tidak menyalahi aturan. “Saya berharap pemerintah yang berwenang agar turun tangan,” ujar Perbekel Suka.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Buleleng, Made Sudama Diana mengakui, tata kelola untuk destinasi wisata di pantai Lovina masih belum maksimal ditengah pandemi Covid-19. Sedangkan soal pengelolaan dermaga di pantai itu kewenangannya ada di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali.

BACA JUGA:  Geger! Sembilan Kuburan di Singaraja Digali Orang Misterius

Sedangkan, kerusakan sifatnya tidak permanen diserahkan kepada desa untuk mengelola manfaatnya melalui badan pengelola wisata. “Langkah yang harus dilakukan, jika membahayakan pengunjung harus segera untuk ditindaklanjuti,” jelas Sudama Diana.

Nantinya, Dispar Buleleng akan segera bersurat ke Pemprov Bali terkait usulan perbaikan perbaikan dermaga di Pantai Lovina. “Terkait kerusakan dermaga Pantai Lovina kami segera mengecek langsung dan bersurat ke Pemprov Bali untuk perbaikan,” kata Sudama Diana. ton/poll

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*