Rabu, 29 Mei, 2024

Petugas Pemadam Kebakaran Badung memadamkan api di lokasi kejadian

 
SEMINYAK,MENITINI.COM   Sebuah bangunan restoran dan club malam di Jalan Raya Seminyak No 19, tepatnya di sebelah Bintang Supermarket, Rabu (17/3/2022) malam dilalap si jago merah alias terbakar.

Informasi di lapangan menyebutkan, tempat dugem tersebut,  D’Vesta Club Bali disinyalir milik selebgram Indonesia Gabby Vesta. Diketahui, club itu baru grand opening di hari yang sama.

Menurut penuturan salah seorang warga Legian, Rizky Darmawan, kebakaran sekitar pukul 19.00 Wita. Saat itu api sudah membesar dan melalap bangunan tersebut. Petugas Damkar Badung dan pemangku kepentingan sudah melakukan atensi di lapangan. “Tadi saya hanya dapat memantau sebentar, soalnya disana mulai ramai. Petugas juga sedang melakukan upaya pemadaman,”kata Rizky seperti dikutip Surat Kabar POS BALI

Terpisah, Lurah Seminyak, Kadek Oka Parmadi mengaku mengatensi peristiwa tersebut di lapangan. Dari informasi yang ia terima, kejadian kebakaran sekitar pukul 19.00 Wita.

Saat kejadian club tersebut sedang melakukan  prosesi grand opening. “Katanya usaha itu milik salah satu selebgram yang baru melakukan opening. Kejadiannya ada setengah jam lalu (saat dikonfirmasi), tapi saya tidak memantau sampai selesai upaya pemadaman karena ada urusan lain,” katanya. 

Menurut sumber lain di lapangan, kejadian itu dipicu adanya percikan api yang berasal dari penari fire dance yang tampil di acara grand opening.

Kabarnya percikan api itu menyambar peredam suara yang terbuat dari bahan yang mudah terbakar, sehingga api dengan cepat membesar dan merambat ke area lain.

“Kalau informasi penyebab kebakaran itu benar karena fire dance, tentu kami sangat menyayangkan hal itu. Kenapa di tempat yang relatif kecil itu harus ada fire dance. Tapi kita masih mencari kepastian kabar itu, setelah upaya pemadaman berhasil dilakukan petugas Damkar,”kata sumber itu.

Sementara, Kepala Dinas Kebakaran dan Penyelamatan (Diskarmat) Badung,  Wayan Wirya dikonfirmasi terpisah mengaku memantau peristiwa tersebut di lapangan. Untuk memadamkan api, pihaknya menerjunkan 8 armada Damkar dari Pos Majapahit Kuta, Pos Kunti Seminyak, Pos Dalung, Pos Puspem dan Pos Induk. “Penyebab kebakaran itu bersumber dari percikan api yang berasal dari tarian fire dance. Percikan api itu kemudian merembet ke peredam suara yang mudah terbakar dan kemudian membesar,”terangnya.

Bangunan itu tiga lantai. Berkat kesigapan petugas, kobaran apa berhasil dipadamkan sekitar 1,5 jam. Unit yang terbakar hanya pada lantai satu atau pada bagian restoran saja, sedangkan lantai 2 dan 3 berhasil diselamatkan.

Kobaran api berhasil dicegah merembet ke bangunan lainnya, sebab lokasi club tersebut diketahui dekat dengan perumahan penduduk. “Jadi pada bagian restoran semua barang disana hangus terbakar. Tapi lantai dua dan tiga berhasil diselamatkan. Api juga kita isolir agar tidak meluas ke daerah sekitar,” ujarnya.poll

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *