China Kecam Kunjungan Senator AS ke Wilayah Taiwan

Kementerian Luar Negeri China
Kementerian Luar Negeri China (foto:Net)

MENITINI.COM-China kembali menyatakan kemarahannya atas kunjungan Senator Partai Republik AS Marsha Blackburn ke Taiwan. Kementerian Luar Negeri China mengungkapkan penentangan keras Beijing pada Jumat (26/8) waktu setempat.

Di tengah memanasnya hubungan dengan Beijing saat ini, Washington memperkuat kontak dengan Taipei, yang menurut Beijing adalah wilayah yang tidak terpisahkan dari China.

Dalam sebuah pernyataan, Kementerian menegaskan Kunjungan anggota parlemen AS ke Taiwan secara serius melanggar prinsip satu-China dan ketentuan dari tiga komunike bersama kedua negara.

“Hanya ada satu China di dunia, Taiwan adalah bagian tak terpisahkan dari wilayah China, dan pemerintah Republik Rakyat China adalah satu-satunya pemerintah resmi yang mewakili seluruh China,” kata Kementerian.

BACA JUGA:  Biden Marah Empat Pria Muslim Dibunuh di New Mexico

China tidak akan goyah dalam menentang kegiatan separatis kemerdekaan Taiwan dan campur tangan eksternal.

“Kami mendesak politisi AS yang relevan untuk mematuhi prinsip satu-China dan tiga komunike bersama China-AS, segera menghentikan semua bentuk interaksi resmi dengan Taiwan, dan segera berhenti mengirimkan sinyal yang salah kepada pasukan separatis ‘kemerdekaan Taiwan’,” isi pernyataan Kementerian, seperti dilaporkan oleh CGTN, Kamis (26/8).

China, katanya, akan terus mengambil tindakan tegas untuk mempertahankan kedaulatan nasional dan integritas teritorial.

Sumber: RMOL.ID