Sabtu, 18 Mei, 2024

Ilustrasi Pin Emas. (Net)

BADUNG, MENITINI.COM – Sebanyak 45 Anggota DPRD Badung 2024-2029 hasil Pileg 14 Februari 2024 telah ditetapkan oleh KPU Badung untuk selanjutnya dilantik atau disumpah dan janji pada 4 Agustus 2024.

Sebelum itu, dilakukan Sekretaris Dewan (Setwan) tengah mempersiapkan berbagai hal yang dibutuhkan. mulai dari ruang, pakaian hingga pin emas untuk masing-masing anggota DPRD.

“Kami sudah suratan anggota DPRD badung terpilih untuk menyiapkan diri untuk dilantik pada 4 Agustus mendatang,” kata Sekretaris Dewan (Sekwan) Badung I Gusti Agung Made Wardika, Senin (6/5/2024).

Lebih lanjut Wardika membeberkan sejumlah persiakan yang dilakukan pihak sekretariat DPRD diantaranya adalah menyediakan ruangan bagi pimpinan dan anggota DPRD Badung yang baru.

BACA JUGA:  Apes, Gara-gara Seperempatan Naik Motor, Pria Surabaya ini Ditusuk di Jalan Teuku Umar Barat, Denpasar

Dimana sesuai komposisi terbaru parlemen Badung dari sebelumnya 40 anggota sekarang akan bertambah menjadi 45 anggota DPRD. Nah, dengan penambahan jumlah ini komposisi pimpinan DPRD juga berubah. Yaitu dari tiga pimpinan sekarang menjadi empat pimpinan, meliputi ketua DPRD dan tiga wakil ketua DPRD.

Kemudian, pihaknya juga akan menambah empat ruangan lagi untuk ruang kerja anggota DPRD Badung. “Komposisi pimpinan dan anggota sekarang berubah. Ada empat pimpinan (ketua dan tiga wakil ketua, red) dan lima anggota DPRD baru,” katanya.

Untuk pembuatan ruangan anyar, pihaknya mengaku telah menyiapkan anggaran lewat APBD induk 2024. Yaitu, satu tambahan ruang wakil ketua dan empat ruangan kerja anggota DPRD.

BACA JUGA:  Ini Arahan Presiden Jokowi Usai Lantik Menko Polhukam dan Menteri ATR/BPN

Menurut rencana ruang wakil ketua tiga akan menggunakan ruang Badan Kehormatan (BK). Kemudian ruang BK akan digeser menggunakan ruang staf Setwan. “Kami juga sudah rancang penambahan ruangan untuk anggota baru. Karena dari 40 sekarang total anggota dewan menjadi 45,” tegasnya.

Apa saja fasilitas dan hak yang akan diterima anggota DPRD baru? Mantan Kabag Tapem Setda Badung ini pun menyebut telah mempersiapkan fasilitas dan hak-hak yang diberikan sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Sebagai tahap awal para wakil rakyat akan menerima empat stel pakaian seragam dan dua lencana.

Untuk lencana atau pin anggota DPRD Badung terbuat dari emas dengan masing-masing berat 5 dan 10 gram. Jumlah itu jika dikali 45 orang anggota Dewan maka jumlah pin yang disiapkan total sebanyak 675 gram emas.

BACA JUGA:  Ketua DPRD Badung Minta PT. JBT Evaluasi dan Capai Target

Kemudian bagi anggota DPRD periode 2019-2024 sesuai ketentuan semua akan menerima uang purna bhakti. Uang purnabakti ini bahkan akan diterima oleh anggota dewan yang terpilih kembali untuk lima tahun kedepan. “Untuk dewan lama sesuai ketentuan dapat uang purna bhakti. Besarannya enam kali uang representasi,” ujarnya. (*)

  • Editor: Daton