Sabtu, 18 Mei, 2024

(Foto: Dok. PSSI)

JAKARTA,MENITINI.COM-Penyerang tim U-23 Indonesia, Rafael Struick, mengakui Uzbekistan sebagai tim yang sangat kuat. Namun, Struick yakin Garuda Muda mampu memberikan perlawanan.

Diketahui, Indonesia kembali mengukir sejarah di Piala Asia U-23 2024 setelah lolos ke semifinal dengan menyingkirkan salah satu tim raksasa, Korea Selatan (Korsel) U-23, melalui adu penalti dengan skor 11-10 (2-2).

Pada babak semifinal nanti, Indonesia akan kembali bertemu lawan kuat, bahkan kandidat juara, yakni Uzbekistan. Laga Indonesia melawan Uzbekistan digelar di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Senin (29/4/2024).

Di level kelompok umur, Uzbekistan termasuk tim bertaji. Mereka adalah juara Piala Asia U-23 2016 dan runner-up pada edisi sebelumnya (2022).

BACA JUGA:  PSM Makassar dan Borneo FC Resmi Ikuti ASEAN Club Championship

Kekuatan Uzbekistan sudah terbukti di fase grup dengan menyapu bersih tiga laga dengan kemenangan, termasuk menyingkirkan juara bertahan, Arab Saudi, di semifinal. Uzbekistan juga sangat produktif dengan melesakkan 12 gol dan tanpa kebobolan sejak babak fase grup sampai perempat final.

“Kami menonton pertandingan mereka melawan Arab Saudi. Saya pikir mereka adalah tim yang bagus. Mereka juga menang (di babak grup) dengan sembilan poin dan nol gol. Jadi, ya, ini adalah tim yang kuat,” kata Struick.

Meski mengakui kekuatan Uzbekistan U-23, Struick yakin Garuda Muda bisa memberikan perlawanan. Menurutnya, Garuda Muda pantas diperhitungkan setelah mengalahkan Australia dan Yordania di fase grup, kemudian menyingkirkan Korsel di perempat final.

BACA JUGA:  Ernando Tampil Brilian, Mampu Gagalkan Tendangan Pinalti Australia

“Kami juga tim kuat, jadi ini akan menjadi pertandingan yang bagus,” ucap pemain Ado den Haag tersebut. Sayangnya, Struick tidak bisa bermain di semifinal. Ia terkena akumulasi kartu kuning.

  • Editor: Daton