Pangeran William Diangkat Gelar Prince of Wales

Pangeran William
Pangeran William. (foto: Ben A. Pruchnie)

LONDON-Raja Charles III mengangkat pangeran William menjadi Prince of Wales atau Pangeran Wales dan akan memegang peran tersebut.

Raja Charles III mengatakan William akan mengambil gelar Skotlandia yang sangat berarti baginya. William akan menggantikan Charles sebagai Duke of Cornwall dan mengambil tanggung jawab Duchy of Cornwall yang dilakukan selama lebih dari lima dekade.

“Hari ini, saya bangga mengangkatnya sebagai Pangeran Wales, Tywysog Cymru, negara yang gelarnya sangat saya sanjung selama hidup dan tugas saya,” ujar Raja Charles III dalam pidatonya yang disiarkan langsung, pada Jumat (9/9/2022) waktu Inggris.

“Dengan Catherine di sampingnya, Pangeran dan Putri Wales kita yang baru, saya tahu, akan terus menginspirasi dan memimpin percakapan nasional kita, membantu membawa kaum marginal ke titik pusat di mana bantuan vital dapat diberikan,” imbuhnya.

BACA JUGA:  Indonesia-Inggris Sepakat Perkuat Kerja Sama Bidang Energi Baru Terbarukan

Tetapi Charles tidak melupakan Pangeran Harry dan istrinya, Meghan. Dirinya pun mendukung Harry dan Megan meniti kehidupan di luar negeri.

“Saya juga ingin mengungkapkan cinta saya kepada Harry dan Meghan karena mereka terus membangun kehidupan mereka di luar negeri,” ucap Charles.

“Dalam waktu kurang dari seminggu kita akan berkumpul sebagai sebuah bangsa, sebagai Persemakmuran dan bahkan komunitas global, untuk membaringkan ibu tercinta saya untuk beristirahat,” imbuh Raja.

“Atas nama semua keluarga saya, saya hanya bisa mengucapkan terima kasih yang paling tulus dan tulus atas belasungkawa dan dukungan Anda,” tambahnya. “Mereka lebih berarti bagi saya daripada yang bisa saya ungkapkan,” tegas Raja Charles.

BACA JUGA:  Gunung Sakurajima Jepang Meletus

Sumber: Medcom.id