Dua Tahun Ngambang, Lobar Siap Buka Jalur Pendakian Rinjani Lewat Dusun Kumbi

Pendakian ke Gunung Rinjani
Pendakian ke Gunung Rinjani . (foto: ist)

GERUNG, MENITINI– Setelah dua tahun lamanya vakum tanpa ada kejelasan, Pemkab Lobar melalui Dinas Pariwisata setempat akhirnya kembali mengungkapkan niat nya untuk membuka jalur pendakian ke Gunung Rinjani melalui jalur Dusun Kumbi, Desa Pakuan Narmada. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Lobar, H. M. Fajar Taufiq diruang kerjanya, Selasa (13/7/2022). 

Rencananya, uji coba jalur tersebut akan dilakukan pada Bulan Oktober atau November tahun ini. Namun, sebelumnya, pihak Dinas Pariwisata Lobar akan menggelar event yang diberi nama ‘Kebut Argopuro’. Nanti event itu akan diikuti oleh sejumlah pelari dan kemudian disusul dengan kegiatan pelatihan soft tracking bagi Desa wisata yang memiliki lokasi pendakian di Lobar seperti Gunung Sasak. 

BACA JUGA:  Kakek 80 Tahun Hilang Saat ke Sawah

Dijelaskan Fajar Taufiq, pihaknya telah menggelar rapat terkait hal itu pada minggu lalu. Dipilihnya jalur Kumbi sebagai titik awal pendakian menurutnya memiliki cerita panjang terkait sejarah keberadaan Kerajaan Karangasem. “Dulu jalur itu merupakan jalur pendakian Raja Anak Agung Karangasem. Diatas Kumbi itu ada Pure tepatnya di Bukit Rejeng. Itu dulu dilalui Raja untuk mendaki,” ungkapnya lagi. 

Sebagai tahap awal dari rencana itu, didampingi Kabid SDM, Erwin, Kepala Dinas Pariwisata itu menyampaikan bahwa pihaknya akan membuka camping ground di lokasi itu. “Nanti kita akan libatkan masyarakat setempat, agar mereka (Warga Dusun Kumbi) turut merasa memiliki. Jadi pendaki nantinya wajib menginap semalam di Kumbi. Dan pastinya mereka butuh kopi, makan hingga porter,” jelasnya seraya menambahkan pihaknya juga akan melatih para pemandu tracking terkait tata cara menghandle wisatawan yang akan mendaki. 

BACA JUGA:  Bejat, Ayah Kandung Perkosa Anak 7 Tahun

Dikonfirmasi terkait komunikasi dengan pihak Pengelola Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), Fajar Taufiq mengataka pihaknya sejak awal sudah melakukan komunikasi dengan TNGR. “Komunikasi sudah dilakukan, dan dari dulu juga mereka (TNGR) setuju. Namun komunikasi terus kita tingkatkan dan saat ini sedang survey awal. Mudahan bisa kita launching jalur pendakian pada 17 April 2023 mendatang bertepatan dengan HUT Lobar,” tutupnya. M-003