Kirab Budaya Meriahkan Perayaan Natal Nusantara di Badung

BADUNG,MENITINI.COM-Kirab budaya dan pentas seni daerah turut memerihkan Perayaan Natal Nusantara 2022, yang berlangsung di kawasan Gedung Budaya Giri Niti Mandala, Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung.

Selain itu, juga digelar berbagai kegiatan dalam acara yang digagas Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Badung, bersama DPW Pecinta Tanah Air Indonesia (Petanesia) Bali ini.

“Untuk kirab budaya atau karnaval diikuti tak kurang dari 2.500 orang peserta,” ucap Pendeta Jhonatan Suharto selaku Wakil Ketua Panitia I Perayaan Natal Nusantara, Selasa (27/12/2022) di Puspem Badung.

Ketua FKUB Badung tersebut mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai rasa kebersamaan dan rasa kesatuan, sehingga perayaan Natal digelar secara nusantara.

Menurutnya, Perayaan Natal Nusantara 2022 juga dimaksudkan sebagai pesan kepada masyarakat luas, bahwa kerukunan antar umat beragama di Bali sangat luar biasa.

BACA JUGA:  Pemkot Denpasar Raih Anugerah Meritokrasi KASN 2023

“Dan acara ini merupakan bentuk moderasi beragama, di mana kita hidup untuk rukun, saling menghormati, menjaga dan bertoleransi tanpa harus menimbulkan konflik karena perbedaan yang ada,” jelasnya. 

Di lokasi Ketua DPW Pecinta Tanah Air Indonesia (Petanesia) Bali Bima Prasetya menambahkan, acara yang berlangsung sehari ini juga diisi dengan berbagai kegiatan. 

Di antaranya bazar usaha mikro kecil menengah (UMKM), hiburan, pentas seni nusantara, kirab budaya dan karnaval.

“Untuk pentas seni nusantara menampilkan kesenian dari Bali, Bugis, Lombok, Dayak, Betawi, Banyuwangi, Reog, NTT, barongsai dan kesenian daerah lain,” tuturnya.

Moka mengatakan, dalam acara tersebut juga dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, serta Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko.

BACA JUGA:  Terbitkan 378 Surat Rekomendasi Penerbitan Air Bawah Tanah, Begini Dalil Pejabat Perumda Tirta Mangutama

“Acara ini akan berlangsung sampai jam 9 malam. Nanti di dalam gedung ada perayaan Natal nusantara, yang isinya juga pagelaran budaya nusantara. Setelah itu, acara kembali dilanjutkan dengan pesta rakyat di sebelah gedung,” kata Moka. (M-008)