Kamis, 18 Juli, 2024

Gerbong kereta api di Madiun disulap jadi ruang rawat pasien Covid-19 karena RS rujukan penuh pasien

MADIUN, MENITINI.COM Pemkot Madiun mengambil langkah,  menjadikan gerbong kereta api sebagai ruang rawat pasien Covid-19. Pemanfaatan gerbong kereta milik INKA ini seiring RS rujukan pasien COVID-19 telah penuh.

“Yang jelas karena penuhnya ruang rawat pasien Covid-19 di Madiun. Kami pinjam manfaatkan gerbong milik INKA,” kata Wali Kota Madiun, Maidi, Sabtu (23/1/2021).

Maidi mengatakan, ia bersama staf telah meninjau Emergency Medical Train (EMT) milik PT INKA yang berada di Jalan Yos Sudarso No 71, Kota Madiun.

PT INKA memiliki EMT yang terdiri tiga trainset dengan total 24 gerbong. “Nanti 18 gerbong untuk pasien dan enam gerbong untuk tenaga medis dan kesehatan. Kereta medis darurat tersebut dapat menampung 252 pasien dan 72 medis,” papar Maidi.

BACA JUGA:  Kejati Maluku Priksa 6 Saksi tekait Dugaan Dana Covid-19, Dua Diantaranya Kadis

Maidi juga menjelaskan, saat ini gerbong tersebut masih dalam persiapan fasilitas yang tidak kalah dengan ruang di RS yang penuh.

Penyiapan ruang pasien ini, lanjut Maidi, untuk mengantisipasi hasil swab dari 150 orang yang belum keluar.
“Untuk antisipasi kemarin usai swab 150 warga. Baik dari instansi maupun masyarakat umum,” ungkapnya.

Saat ini kasus Covid-19 di Kota Madiun mencapai 844. Di mana 523 di antaranya telah sembuh. Sedangkan pasien  yang masih menjalani perawatan di RSUD Kota Madiun sebanyak 72 dan yang meninggal dunia 53 orang.yun/win/poll

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *