Hasil Survey MDB, Rahakbauw Peluang Lolos Walikota Ambon

Direktur Eksekutif Maluku Demokrasi Bersih (MDB), Paet Letelay, S.H., M.H.

AMBON, MENITINI -Berbagai lembaga survey muncul dengan rizetnya dan mengungkapkan hasil kerja mereka kepada publik, kendatipun Pemilihan Walikota (Pilwakot) Ambon masih jauh ke depan, namun tensi politik terkait perebutan kursi Walikota Ambon mulai memanas.

Hal ini telah menjadi perbincangan serius di sejumlah tempat di kota bertajuk manise ini. Berdasarkan rilis data survey Maluku Demokrasi Bersih (MDB) ikut membenarkan hal itu.

Lembaga survey melejit setelah hasil rizetnya terbukti mematahkan hampir seluruh lembaga survey terkait Pilkada Maluku beberapa tahun silam dengan menghasilkan Murad Ismai-Barnabas Orno itu mulai kembali melakukan kerja akademis untuk bakal calon kandidat kursi Walikota Ambon nanti.

Hal ini disampaikan Direktur Eksekutif MDB, Paet Letelay, S.H., M.H, di Ambon, Kamis (26/5/2022). 

BACA JUGA:  Diduga Gelapkan Lahan, Oknum Anggota DPRD Ini Dilaporkan ke Mabes Polri

Menurut Letelay Hasilnya, Richard Rahakbauw 20,08 persen, Lucky Wattimury 20,03 persen, Jantje Wenno 20,01 persen, Michael Wattimena 18,25 persen, Agus Ririmasse 12, 02 persen.

Menurut Letelay, selain nama-nama diatas, ada beberapa nama penting yang ikut dalam radar MDB. Nama-nama itu, ada Nus Saptenno bertengger diurutan selanjutnya ada Victor Loupatty dan Gerald Mailoa.

Hasil survey MDB menyebutkan, elektabilitas Richard Rahakbauw yang biasa disapa RR itu berada di tangga teratas. Jika saat ini Pilwakot digelar, maka  Rahakbauw dipastikan menjadi Walikota Ambon.

Menyoal metodologi survey, Letelay katakan, kita menggunakan metode Penelitian, Multistage Random Sampling dengan total responden 5.000 pemilih tersebar di semua kecamatan yang ada di Kota Ambon.” 

BACA JUGA:  Kejari Aru Diminta Segera Ungkap Aktor Dibalik Raibnya Rp 1,1 Milyar di Disdik

Jadi para responden diwawancarai secara tatap muka dengan tingkat kesalahan 2 persen,”ujar alumnus UGM ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*