Vaksin Keempat COVID-19? Simak Pendapat Ahli

Pendapat Ahli Soal Vaksin Keempat (foto: pexels)

DENPASAR, MENITINI.COM – Penggalakan vaksin booster akhir-akhir ini menuai pertanyaan masyarakat. Seusai booster artinya Anda sudah mendapat 3 vaksin COVID-19. Apakah kedepannya akan ada vaksin ke-4, 5, dan seterusnya sampai pandemi benar-benar berakhir? Mari kita simak kutipan dari pendapat beberapa ahli berikut!

Rekomendasi Vaksin Keempat

Jika Anda telah mendapat vaksin COVID-19, perlindungan Anda terhadap virus corona baru dapat menurun seiring waktu, terutama varian baru. Apalagi sudah mendapat booster setelah vaksin lengkap. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) sebagai badan pencegahan dan pengendalian penyakit Amerika Serikat saat ini merekomendasikan booster COVID-19 untuk semua orang yang berusia 12 tahun ke atas. Selain itu, pernyataan Food and Drug Administration (FDA) mengatakan bahwa manusia memerlukan dosis booster kedua. Booster kedua alias vaksin keempat diutamakan untuk orang berusia 50 tahun ke atas setidaknya 4 bulan setelah mendapatkan dosis booster pertama mereka. Rekomendasi serupa juga berlaku untuk orang dengan gangguan imun yang berusia 12 tahun ke atas.

BACA JUGA:  Jadi Syarat Mudik, Animo Masyarakat Vaksin Booster di Denpasar Meningkat

Pemberian jenis yang tidak sama dengan vaksin lengkap sebelumnya terbukti memproteksi lebih optimal. National Institutes of Health mengatakan pencampuran materi vaksin yang terdapat pada merk yang berbeda dapat meningkatkan respon imun general. Mereka menambahkan bahwa mencampur vaksin juga dapat meningkatkan fleksibilitas ketika dosis satu jenis tertentu tidak tersedia. Anjuran untuk vaksin keempat yaitu dari produsen Pfizer-BioNTech atau Moderna COVID-19.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*