Senin, 15 Juli, 2024

DENPASAR,MENITINI.COM-Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-27, Rumah Sakit Umum (RSU) Denpasar menggelar kerja bakti di lingkungan rumah sakit serta area kantor Desa Dangin Puri Kaja, Denpasar, Jumat (28/6/2024). Kegiatan kerja bakti ini diikuti oleh seluruh karyawan RS Bhakti Rahayu Denpasar dan dihadiri perangkat Desa Dangin Puri Kaja.

Perangkat Desa Dangin Puri Kaja bersama karyawan RSU Bhakti Rahayu berbaur melakukan kegiatan kerja bakti. (Foto: M-011)

Pelaksana Wilayah Banjar Taman Sari, Ketut Merta dengan seijin Kepala Desa Dangin Puri Kaja mengatakan, kegiatan gotong-royong (kerja bakti) yang dilaksanakan oleh RSU Bhakti Rahayu adalah untuk mempererat jalinan silaturahmi antara pemerintah Desa Dangin Puri Kaja dengan RS Bhakti Rahayu.

“Selamat ulang tahun yang ke-27 kepada RSU Bhakti Rahayu Denpasar. Semoga RSU Bhakti Rahayu Denpasar semakin jaya,” ujarnya Ketut Merta yang juga langsung ikut turun melakukan pembersihan di beberapa ruas jalan di sekitar RS Bhakti Rahayu Denpasar.

Di usianya yang ke-27 RSU Bhakti Rahayu Denpasar ini, Ketut Merta mengharapkan, RS Bhakti Rahayu Denpasar bisa lebih mengakomodir apa yang menjadi kebutuhan masyarakat utamanya terkait dengan kesehatan.

BACA JUGA:  Peringati HUT ke-27, RSU Bhakti Rahayu Denpasar Gelar Donor Darah

“Agar pelayanan RSU Bhakti Rahayu bisa lebih maksimal, dan bisa memberikan yang terbaik untuk masyarakat Desa Dangin Puri Kaja,” harap Ketut Merta.

Saat disinggung tentang pelayanan RS Bhakti Rahayu, ia mengatakan bahwa pelayanan di rumah sakit yang berada di Jalan Gatot Subroto II Denpasar itu sangat baik. “Luar biasa, saya mengalami, mendapat pelayanan yang luar biasa dari RS Bhakti Rahayu. Semua pelayanan yang diberikan sudah luar biasa,” puji Ketut Merta.

Sementara Direktur RSU Bhakti Rahayu Denpasar, dr. Dina Hadiningsih yang juga turut hadir dalam kesempatan itu mengatakan, kerja bakti yang digelar bersama perangkat desa Dangin Puri Kaja itu disamping untuk menyampaikan bahwa rumah sakit telah kembali bisa melayani pasien BPJS sejak April 2024, juga bertujuan untuk mempererat hubungan antara warga Desa Dangin Puri Kaja dengan rumah sakit.

BACA JUGA:  RSU Bakti Rahayu Gandeng Sejumlah Lembaga Lakukan Aksi Amal Operasi Bibir Sumbing

“Kita mempererat, asih asah asuh, dengan warga desa di wilayah ini (Desa Dangin Puri Kaja, red), kita berharap dan menyampaikan kepada masyarakat bahwa RSU Bhakti Rahayu bisa menjadi pilihan untuk berobat,” ujar dr. Dina.

Menabung Sampah di Bhakti Rahayu Green Team

Kegiatan kerja bakti RSU Bhakti Rahayu dirangkai dengan kegiatan bank sampah Bhakti Rahayu Green Team (BRGT), dimana seluruh karyawan dan masyarakat sekitar RSU Bhakti Rahayu bisa menabung (mengumpulkan) sampahnya yang sudah dipilah. Sampah-sampah tersebut selanjutnya akan diserahkan ke perusahaan pengolah sampah Bali Waste Cycle (BWC).

Ketua BRGT, IB Ketut Alit Subudi dalam keterangannya mengatakan, pihaknya akan mengumpulkan sampah-sampah dari unit-unit rumah sakit dan masyarakat yang ada di sekitar RSU Bhakti Rahayu Denpasar. Hasil dari kegiatan bank sampah BRGT itu nantinya akan digunakan untuk kegiatan sosial, yaitu membantu membayar tunggakan iuran BPJS masyarakat sekitar rumah sakit.

“Sampah ini kami kelola untuk kegiatan sosial. Kami sudah melakukan koordinasi dengan BPJS dimana BRGT ini dalam hal pengelolaan sampah yang dihasilkan oleh rumah sakit, dana akan diperuntukkan kepada masyarakat yaitu berbentuk CSR. Dana yang terkumpul akan dialokasikan untuk masyarkat di wilayah RS Bhakti Rahayu Denpasar tepatnya di Desa Dangin Puri Kaja, dimana masyarakat yang ada tunggakan iuran BPJS akan dibantu dalam pembayarannya,” ujarnya.

BACA JUGA:  RSU Bhakti Rahayu Denpasar Gelar Sosialisasi Kesehatan di HIMPAMA Bali

“Jadi masyarakat yang melakukan tunggakan BPJS, bisa segera dapat pelayanan BPJS,” imbuhnya.

Dijelaskan, dalam kegiatan BRGT tidak hanya pengumpulan sampah tetapi juga ada kegiatan lain seperti penanaman pohon di area seputar RS Bhakti Rahayu, namun tidak menutup kemungkinan kegiatan bisa juga dilakukan di luar lingkungan rumah sakit.

Sebagai informasi RS Bhakti Rahayu Denpasar yang genap berusia 27 tahun pada 1 Juli 2024 nanti, sejak 1 April 2024 telah kembali melayani pasien BPJS. (M-011)

  • Editor: Daton