Senin, 24 Juni, 2024

DENPASAR,MENITINI.COM-Para pencari kerja harus lebih berhati-hati dan waspada dalam mendapatkan informasi lowongan pekerjaan. Pasalnya, baru-baru ini ada salah satu lowongan pekerjaan (Loker) yang diposting di media sosial Instagram (IG) Loker Klungkung yang ternyata adalah penipuan.

Salah satu korbannya adalah Klinik Bhaksena yang berada di wilayah Klungkung. Merasa tidak pernah memasang lowongan kerja baik melalui media sosial IG atau media sosial lainnya, tiba-tiba pada Sabtu (1/7/2023) kedatangan beberapa orang pelamar kerja.

Kepada Media ini, salah satu pegawai klinik Bhaksena mengatakan bahwa pada Sabtu (1/7/2023) kliniknya kedatangan 4 orang pelamar. Para pelamar pekerjaan tersebut katanya mendapat informasi lowongan pekerjaan dari media sosial Instagram @lokerklungkung. Bahkan katanya para pelamar itu juga sudah konfirmasi melalui nomor telepon yang tertera di lowongan tersebut, yaitu 082228361809, dan diminta datang Klinik Bhaksena yang alamatnya juga tertera di lowongan itu.

BACA JUGA:  Viral di Medsos, Kecurangan SPBU di Jalan Pulau Komodo Denpasar
Screenshoot Bukti transfer korban dalam penipuan lowongan pekerjaan yang mencatut Klinik Bhaksena Klungkung.
Screenshoot Bukti transfer korban dalam penipuan lowongan pekerjaan yang mencatut Klinik Bhaksena Klungkung.

“Ada pelamar yang mengaku sudah diterima sebagai admin dan diminta datang pada Hari Sabtu (1/7/2023) untuk interview. Ia juga mengaku sudah mentrasfer uang sebesar Rp50 ribu,” ujar staf klinik Bhaksena sambil menunjukkan screenshoot stranfer bank yang katanya ia dapat dari pelamar-pelamar itu.

Lalu staf klinik Bhaksena berusaha untuk menghubungi nomor telepon yang tertera di lowongan kerja itu, namun tidak diangkat. Menghubungi admin IG @lokerklungkung melalui kirim pesan (DM) juga tidak direspons. Akhirnya ia membuat klarifikasi dengan story di IG Resminya Klinik Bhaksena, bahwa kliniknya sedang tidak membuka lowongan pekerjaan untuk posisi apapun.

BACA JUGA:  Ketua SMSI Bali: Pers harus Jadi Pembersih Informasi Hoaks

Wartawan media ini pada Rabu (5/7/2023) mencoba menghubungi nomor telepon yang tertera di lowongan pekerjaan tersebut. Nomor telepon itu aktif namun tidak diangkat.

Pantauan media ini, lowongan hoax itu hingga berita ini diturunkan masih ada di postingan Instagram @lokerklungklung. IG @lokerklungkung mempunyai 82 postingan, 1.723 pengkuti, dan 28 mengikuti. Di IG itu juga terdapat link form: https://lokerklungkung.vercel.app/form?fbclid=PAAaaxeHy3DrtKd7FzKU3My8j2vZMMvS6Be0qUbb3BAqd1wrdgMCM4TytRMHE, untuk memasang lowongan pekerjaan secara gratis.

Wartawan media ini juga berusaha untuk kirim pesan ke IG @lokerklungkung, namun hingga saat ini pesan tersebut belum dibaca.

Saat dikonfirmasi, Klinik Bhaksena juga akan membuat laporan pengaduan masyarakat (Dumas) ke Polres Klungkung. (M-011)

Editor: Daton

Temukan dan ikuti Berita-berita Menitini di Google Berita

Berita Lainnya:

BACA JUGA:  Lansia di Nusa Lembongan Antusias Sambut Bhakti Sosial Klinik Branis Medika