Semangat Baru ÉCOUTEZ, Sambut Delia Septianti Kembali

“Dalam sebuah band, walau sangat berat terkadang harus ada kata perpisahan, namun berakhirnya kerja sama di musik bukan berarti harus memutuskan persahabatan dan rasa kekeluargaan di antara kami.”

Kalimat di atas dikutip dari unggahan ÉCOUTEZ (baca: ekute) di akun Instagram resmi mereka pada 15 Juni 2021 silam, menyikapi keterlibatan dua vokalis lama mereka, Andrea Lee dan Delia Septianti sebagai juri di acara malam final audisi vokalis baru ÉCOUTEZ saat itu, yang memenangkan Sheila Anandara.

Kini, sesuai dengan unggahan terbaru ÉCOUTEZ di Instagram, perpisahan kembali terjadi, dimana Sheila secara resmi dinyatakan tidak lagi memperkuat band asal Jakarta bentukan 2005 silam tersebut. Tidak ada masalah yang menyekat di antara mereka, dan sekali lagi, ÉCOUTEZ menegaskan hubungan baik tetap terjalin.

Tak ingin berlama-lama ditinggal vokalis, ÉCOUTEZ yang kini dihuni formasi Fajar ‘Jay’ Fikri (drum), Leo Christian (bas) dan Widyo ‘Iyas’ Prastowo (kibor) langsung gerak cepat mencari pengganti. Dan ternyata, tidak jauh-jauh, Delia yang dipinang dan ia pun menyatakan bersedia kembali melengkapi serpihan yang hilang di tubuh ÉCOUTEZ. Sebuah keluarga yang akhirnya berkumpul kembali, setelah terpisah selama 12 tahun!

BACA JUGA:  Tanggalkan Kesan Idol, Park Ji-hoon Berakting Menawan dalam Love Song for Illusion

“Jujur, dari dulu selalu support ÉCOUTEZ, bahkan masih sering ‘kepo’ perkembangannya. Dari dulu hubungan kami selalu baik. Ada rasa kangen. Jadi tanpa pikir panjang langsung diterima. Aku merasa kayak balik ke rumah lagi. Seru juga sih (kalau gabung lagi), karena ÉCOUTEZ selalu melekat di hati. Ke mana-mana masih sering disebut sebagai Delia Écoutez. Semoga mengobati fans yang selama ini masih sering nanya-nanya… Kami akan coba lagi, semoga ini yang terbaik,” ujar Delia dengan penuh suka cita.

Memang, belakangan ini, banyak band yang memanfaatkan momentum reuni untuk kembali menggeliat di skena industri musik Tanah Air. Tapi ÉCOUTEZ mengaku sama sekali tak ada niatan ke sana sebelumnya. Semuanya berjalan secara organik, tanpa direncanakan. Bahkan ketika secara mengejutkan Delia datang dan ikut bernyanyi di sebuah acara yang berlangsung di Beer Hall, SCBD, pada Februari 2023 lalu, tak sedikit pun tersirat maksud untuk menyatukan mereka kembali. 

BACA JUGA:  Nusantara Beat Indonesian Tour: Kolaborasi Musik Perdana GIK UGM dan Erasmus Huis

“Mungkin sudah pertanda, nggak sengaja Delia ikut nyanyi (di acara itu),” seru Leo mewakili rekan-rekannya, sumringah.

Bersama Delia, semangat baru membuncah di tubuh ÉCOUTEZ. Mereka sudah tidak sabar untuk segera menemui para penggemarnya di berbagai event panggung. Mereka ingin mengejar ketertinggalan, dan selama menjalani beberapa kali latihan sangat terasa aura nostalgia saat kembali mendengar suara Delia menyanyikan lagu-lagu ÉCOUTEZ. 

Dengan kembalinya Delia, bukan hanya persiapan manggung yang dipanaskan, melainkan juga ada rencana untuk segera melepas karya rekaman baru. Rencananya, selama bulan puasa mereka akan memaksimalkan waktu untuk menggarap single, dan menargetkan bisa rampung setelah Lebaran. 

Lalu paralel dengan rencana itu, ÉCOUTEZ juga segera merancang konsep untuk kebutuhan manggung, dimana akan dilakukan beberapa penyesuaian dengan karakter vokal Delia yang berkontur pop. Khususnya di lagu-lagu era Andrea Lee yang cenderung berkarakter rock, dan Sheila Anandara yang lebih kental akan pengaruh R&B. Juga bakal ada pengembangan di lagu-lagu lama era Delia, yang akan disesuaikan dengan aransemen terkini ÉCOUTEZ yang lebih modern. Apalagi, di sisi lain, vokal Delia sendiri pun kini sudah banyak mengalami pengembangan. “Kini vokal Delia lebih pas emosinya. Lebih dewasa,” tutup Leo, meyakinkan. (M-011)

  • Editor: DRB