Multi Manfaat, Jus Cacing Makin Diminati

Multi Manfaat, Jus Cacing Makin Diminati
Jus cacing yang dikemas dan dijual ke pasaran

BANGLI, MENITINI.COM – Meski menjijikan, cacing tanah menjadi salah satu biota yang kaya manfaat. Tidak hanya bermanfaat menggemburkan tanah, cacing tanah juga dapat diolah menjadi jus yang kaya manfaat kesehatan.

Wayan Badan, salah seorang petani yang mengembangkan pertanian organik di Batur Organik Park, Toya Mampeh, Batur, Kintamani mengatakan, cacing tanah dapat mengobati berbagai macam penyakit degenaratif. Untuk penyakit tipes misalnya, jika dibandingkan dengan kapsul cacing, efek penyembuh jus cacing dinyatakan jauh lebih cepat.

“Dulu dikenal kapsul cacing yang bisa menyembuhkan tipes, sekarang dengan jus cacing daya penyembuhnya bisa lebih cepat. Jika kapsul cacing dapat menyembuhkan sakitnya selama sebulan, dengan jus cacing proses penyembuhannya hanya butuh waktu sekitar seminggu,” katanya belum lama ini.

BACA JUGA:  RINGANKAN BEBAN WARGA, Alumni Smansa 94 Singaraja Bagikan APD dan Sembako

Beberapa penyakit yang selama ini dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi jus cacing ini diantaranya penyakit asma, tipes, diabetes, demam berdarah, stroke, darah tinggi, asam urat, asam lambung, anemia, diare, darah rendah, hepatitis, jantung, ambeien, impoten, dan masih banyak lagi. “Saya sendiri sudah membuktikannya, makanya saya berani menjualnya. Tapi dalam proses penyembuhannya, tiap penyakit punya waktu penyembuhan yang berbeda-beda. Kalau diabetes misalnya, perlu terapi sekitar satu bulan. Pasien yang melakukan terapi ini, ada yang sudah tidak bisa berjalan dapat kembali berjalan,” ucapnya.

Jenis cacing yang digunakan untuk jus adalah jenis Lumbricus rubellus. Cara penyajiannya yakni mencampur cacing segar dengan berbagai macam buah segar sesuai selera, sehingga rasa buah akan mendominasi. Ia biasanya menggunakan buah naga atau jambu biji hasil budidayanya sendiri. Terkait harga, sebotol jus cacing volume 300 ml dibandrol dengan harga Rp 35 ribu. Sementara, untuk ketahanannya, jika jus tersebut disimpan di dalam kulkas, dapat bertahan hingga tiga minggu.

BACA JUGA:  Wali Kota Solo Sekeluarga Postif Covid-19

“Saat ini jus cacing ini memang semakin banyak diminati. Tiap harinya saya bisa memproduksi 20 hingga 30 porsi jus cacing. Saya juga rajin ikut pameran untuk memperkenalkan produk ini,” pungkasnya.abi

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*