Senin, 24 Juni, 2024
Ilustrasi Tenggelam longboat.

Ilustrasi Tenggelam longboat. (Foto: Ilustrasi)

AMBON,MENITINI.COM – Sebuah tragedi menimpa  satu longboat atau perahu kapal yang mengangkut tujuh orang penumpang dilaporkan tenggelam di Perairan Kepulauan Tanimbar, Maluku.

Longboat tersebut tenggelam setelah dihantam gelombang saat sedang berlayar dari Pulau Sera menuju Saumlaki, Ibu Kota Kepulauan Tanimbar pada Senin (22/5/2023).

Kepala Kantor Basarnas Ambon Mustari mengatakan, pihaknya mengetahui adanya kecelakaan tersebut setelah mendapat laporan dari seorang warga.

“Longboat itu mengangkut tujuh orang penumpang, tenggelam di dekat Tanjung Jasi setelah dihantam gelombang tinggi,” kata Mustari kepada wartawan, Selasa (23/5/2023).

Menurutnya, setelah mendapat laporan, pihaknya bersama petugas Polairud setempat langsung dikerahkan untuk melakukan evakuasi para korban tenggelam.

Adapun evakuasi ketujuh penumpang longboat tersebut dilakukan dengan Kapal Patroli milik Polairud Saumlaki.

BACA JUGA:  KMP Samudera Utama Kandas di Selat Bali

“Semua korban tenggelam berhasil diselamatkan oleh tim SAR gabungan,” jelasnya.

Setelah berhasil dievakuasi, ketujuh korban tenggelam langsung dibawa ke Saumlaki dengan penggunakan kapal patroli tersebut untuk mendapatkan perawatan.

Adapun tujuh korban longboat tenggelam yang diselamatkan itu yakni Fransikus Layan (34), Engelbertus (44), Yohanes longdar (48), Samon Samangun (34), Mateus Samangun (47), Thomas Lutur Mas (33) dan Agus Lanyabar (28). Dengan ditemukannya tujuh korban, maka operasi SAR dinyatakan selesai dan ditutup. (M-009)

  • Editor: Daton