Kronologi Ditemukannya 4 Kasus Omicron BA.4 dan BA.5 di Bali

ILUSTRASI

JAKARTA,MENITINI.COM– Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkap kronologi ditemukannya empat orang yang terinfeksi subvarian baru Omicron BA 4 dan BA 5 di Indonesia. Satu di antarannya merupakan warga negara Indonesia (WNI) berjenis kelamin laki-laki berusia 27 tahun.

Dari Medcom.id, Juru bicara Kemenkes Mohammad Syahril mengungkapkan pria tersebut terkonfirmasi positif covid-19 saat tiba di Bali. Kemudian, yang bersangkutan melakukan isolasi mandiri karena tidak mengalami gejala. Lalu, dilakukan monitoring dengan mengambil sampel dari tes usap pada 25 Mei 2022.

“Spesimennya dikirim ke Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan (BKPK) Jakarta untuk pemeriksaan whole genome sequencing (WGS), tanggal 9 Juni kemarin hasilnya positif varian atau subvarian (Omicron) BA.4,” ujar Syahril dalam konferensi pers secara virtual, Jumat, 1(10/06/2022).

BACA JUGA:  Sikap Tegas Prabowo Tangani Virus Corona: Pesawat TNI Diminta Angkut Alat Kesehatan dari China

Selanjutnya, tiga orang lainnya merupakan warga negara asing (WNA) yang tengah menjadi delegasi negaranya dalam acara The 7th Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) di Bali. Mereka terkonfirmasi positif covid-19 saat menjalani tes antigen di salah satu hotel di Nusa Dua.

Hasil tes PCR ketiganya juga positif. Mereka diketahui telah melakukan kontak erat dengan delapan orang

“28 Mei, kita lakukan swab dan pemeriksaan PCR hasilnya negatif,” ujar dia.

Kemudian, sampel pasien WNA dikirim ke Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan (BKPK) Jakarta, dan hasilnya terkonfirmasi terpapar Ba.5. Sedangkan, hasil tes delapan orang yang kontak erat negatif. “Jadi tidak kita kirim ke BKPK,” jelas dia.

BACA JUGA:  Perjanjian Pengusahaan Tol Gilimanuk Mengwi Labrak Putusan MK, Begini Penjelasan WALHI Bali

Sumber: Medcom.id

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*