Varian Omicron XE, Begini Gelajanya Bagi yang Sudah Divaksin Lengkap

ilustrasi
ilustrasi

JAKARTA,MENITINI.COM-Varian baru virus Covid-19 yang diberi nama XE ditemukan. Varian baru merupakan mutasi dari BA.1 (omicron asli) dengan BA.2 (omiron siluman). Varian XE ini dianggap sebagai cicitnya omicron dan diyakini sangat menular.
WHO menyebut XE sepuluh kali lebih menular dibanding Omicron, dengan tingkat penularan tertinggi diantara seluruh strain sebelumnya.
Varian XE telah ditemukan di Inggris sejak awal tahun ini dan tercatat lebih dari 600 kasus ditemukan karena infeksi ini.

Gelaja Terinfeksi XE bagi yang sudah divaksin

Gejalanya belum dipaparkan secara signifikan. Tetapi, mengutip dari The Independent, seorang dokter penyakit dalam di Johns Hopkins Bayview Medical Center di Baltimore, Erica Johnson mengatakan gejala varian baru itu mirip dengan Omicron asli. Yaitu gejala utama BA.1 dan BA.2 ringan adalah batuk, demam, kelelahan, dan kemungkinan hilangnya rasa atau penciuman. Sejumlah pasien juga mencatat pilek, masalah pencernaan, sakit kepala dan ruam kulit.
Dalam analisa ZOE Covid-19 Study, gejala varian XE hampir mirip dengan yang dilihat pada pasien BA.2, yakni: Sakit kepala, Sakit tenggorokan, Nyeri otot, Demam, Diare, Mual, Muntah, danSakit perut.

BACA JUGA:  Mantan Jubir Penanganan COVID-19 Ahmad Yurianto Meninggal Dunia

Sumber: CNBC Indonesia
Editor: Ton

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*