Waspada! Gelombang Tinggi di Laut Maluku, Ini Prakiraan BMKG

Ilustrasi Gelombang Laut.
Ilustrasi Gelombang Laut. (Foto: Pixabay/Schäferle)

AMBON,MENITINI.COM– Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Ambon mengeluarkan peringatan dini potensi gelombang setinggi empat meter di Laut Aru dan Laut Arafura, Maluku.

Gelombang setinggi empat meter diperkirakan terjadi di dua perairan tersebut pada Kamis (19/1/2023) hingga Jumat (20/1/2023).

“Ada potensi gelombang tinggi hingga mencapai empat meter di Laut Aru dan Laut Arafura mulai hari ini hingga Jumat besok,” kata Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Ambon Ashar dalam keterangan kepada wartawan, Kamis (19/1/2023).

Selain itu, BMKG memprediksi gelombang setinggi 1,25 meter hingga 2,50 meter berpeluang terjadi di sejumlah wilayah perairan lain di Maluku.

Adapun gelombang setinggi 1,25 meter hingga 2,50 meter itu berpeluang terjadi di perairan Laut Sermata-Letti, Babar, Tanimbar, Kei, Seram Bagian Timur, dan Laut Banda,  

BACA JUGA:  21 Pegawai Kejari Badung Terpapar Covid-19

Selain gelombang tinggi, Ashar menyebut angin dengan kecaepatan 16-25 knot berpeluang terjadi di sejumlah wilayah Maluku.

Terkait potensi gelombang tinggi tersebut, Ashar mengimbau warga khususnya para nelayan dan juga penyedia transportasi laut tradisional agar lebih waspada.

“Kepada masyarakat pesisir dan para nelayan kami mengimbau agar lebih waspada dengan kondisi gelombang tinggi yang berpotensi terjadi,” katanya. (M-009)