Tips Kumpul kumpul Online Saat Liburan Agar Tak Jenuh di Rumah

ILUSTRASI

Banyak orang yang tidak bisa bertemu langsung dengan keluarga dan teman di libur Natal Tahun ini karena pandemi yang masih berlangsung.

Tapi tidak perlu khawatir karena banyak teknologi yang bisa membantu kamu untuk kumpul-kumpul dan melepas rindu di musim liburan akhir tahun ini.

Mungkin banyak yang sudah menjadwalkan panggilan video lewat Zoom atau lainnya, tapi khawatir jadi cepat bosan karena panggilannya terlalu lama. Agar tidak cepat bosan dan mati gaya saat kumpul-kumpul online di musim liburan kali ini, intip tips-tips berikut.

Panggilan video lewat Zoom, WhatsApp atau Google Meet mungkin akan menjadi pilihan utama untuk berkumpul secara online. Tapi tidak semua orang antusias melakukan panggilan video seperti ini.

Berkat pandemi, banyak orang yang harus bekerja dan belajar menggunakan aplikasi video conference hingga berjam-jam. Hal ini bisa menyebabkan ‘Zoom fatigue’ atau kelelahan akibat harus melakukan panggilan Zoom berlama-lama.

Untuk mencegah Zoom fatigue, disarankan untuk melakukan percakapan dalam durasi pendek beberapa kali dalam sehari daripada melakukan satu percakapan hingga berjam-jam lamanya.

Tapi kalau kamu memilih untuk berbincang di Zoom dengan durasi panjang, layanan ini untuk sementara mencabut batas waktu panggilan video 40 menit saat libur Natal dan tahun baru.

BACA JUGA:  Anda Habis Disuntik Vaksin? Ini Makanan yang Sebaiknya Dihindari

Dilansir detikINET dari The Verge, Zoom akan mencabut batas waktu 40 menitnya mulai pada:

Untuk yang merayakan Natal lewat Zoom atau semacamnya, kamu bisa membuat percakapan menjadi lebih meriah. Misalnya dengan memasang latar belakang bertema Natal, atau memasang lampu berwarna-warni agar suasana Natal makin terasa.

Kalau sudah bosan bercakap-cakap lewat Zoom, kamu bisa mencari kegiatan alternatif lain yang bisa dilakukan bersama-sama. Salah satunya adalah main game online bareng.

Saat ini sudah ada banyak game online yang cocok untuk semua anggota keluarga. Misalnya Among Us, di mana empat sampai 10 orang dikumpulkan dalam pesawat luar angkasa untuk menemukan impostor di antara mereka.

Untuk yang senang main board game saat kumpul-kumpul, saat ini Uno juga memiliki versi digital yang bisa dimainkan bersama teman secara online.

Game ini tersedia untuk Android dan iOS serta memiliki fitur dan aturan yang sama seperti versi fisiknya. Ada banyak mode yang bisa dipilih, termasuk mode multiplayer 2v2 yang membagi empat pemain dalam dua tim untuk saling bersaing.

BACA JUGA:  Mensos Risma Nginap di Biara PRR, Weri Larantuka

Libur Natal biasanya diwarnai dengan diputarnya film-film bernuansa Natal di televisi. Meski terpisah jarak, kamu bisa menonton film ini bersama keluarga dan teman sambil membicarakannya di telepon atau lewat WhatsApp.

Tidak hanya lewat televisi tradisional, kamu juga bisa nonton bareng lewat aplikasi streaming. Banyak platform streaming memiliki opsi untuk nonton bareng seperti GroupWatch di Disney Plus atau Watch Party di Amazon Prime Video.

Opsi populer lainnya adalah dengan layanan pihak ketiga seperti Teleparty yang sudah mendukung platform streaming populer seperti Netflix, Hulu, Disney Plus dan HBO.

Salah satu cara untuk tetap terhubung dengan keluarga dan teman di libur Natal kali ini adalah dengan membuat playlist bareng-bareng. Layanan streaming seperti Spotify memiliki fitur Collaborative Playlist untuk membuat playlist bersama.

Kamu bisa mengundang orang terdekat untuk memasukkan lagu-lagu favorit mereka ke playlist tersebut agar bisa didengarkan kapan saja. Lebih asyik lagi kalau playlist ini diputar sebagai backsound panggilan Zoom.

Ayo selamat mencoba mengisi liburan akhir tahun agar tak jenuh selama liburan. all/poll

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*