Presiden Malioboro, “Bang Umbu” Wafat

Bang Umbu Selamat Jalan

DENPASAR, MENITINI.COM Budayawan Bali dan Sastrawan Indonesia berduka.  Umbu Landu Parangi alias Bang Umbu meninggal dunia, Selasa (6/4/2021) pagi  di Rumah Sakit Bali Mandara, Denpasar, Bali.

Pria dengan predikat Presiden Malioboro (sebutan di masanya di Jogja) sakit sejak beberapa hari lalu dan dirawat di Rumah Sakit Daerah Provinsi Bali. “Mahaguru kelahiran Kanangar Paberiwai Sumba Timur ini telah berpulang. Duka yang mendalan … Indonesia kehilangan sastrawan yang disebut tokoh misterius…. Selamat Jalan Ayahanda Tercinta Umbu Wulang Landu Parangi” Itulah kabar duka yang disampaikan tokoh muda Bali asal NTT, Yudhi Lintas di grup Komunitas Flobamora Bali.

Almahrum sebelum meninggal pengasuh rubrik sastra di salah satu koran lokal. Bang Umbu Landu Paranggi disebut-sebut sebagai guru bagi budayawan Yogyakarta, Emha Ainun Nadjib atau biasa disapa Cak Nun.

Mendengar kabar duka dari sang guru, Cak Nun pun langsung menulis pesan. Melalui situs pribadinya, Cak Nun menuturkan duka atas kepergian sang guru.

“Umbu menghadap Allah dalam keadaan berpuasa dari dunia, sebagaimana hampir seluruh usianya ia jalani dengan lelaku puasa atas berbagai tipuan kemewahan keduniaan,” tulis Cak Nun dalam artikel berjudul Mi’raj Sang Guru Tadabbur.

Ia pun menyebut bahwa Umbu Landu Paranggi merupakan sosok yang amat berpengaruh dalam hidupnya, termasuk kehidupan remajanya di Yogyakarta.

“Saya memerlukan catatan setandas-tandasnya tentang kepergian hamba Allah yang amat sangat berjasa memproses pematangan hidup saya di usia remaja pada era 1970-an.” tulis Cak Nun.

Semasa hidupnya, Umbu Landu yang juga kerap disapa sebagai Presiden Malioboro tersebut telah melahirkan sejumlah karya puisi, di antaranya Melodia, Solitude, Sabana, dan Di Sebuah Gereja Gunung.poll

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*