Sabtu, 18 Mei, 2024

Pohon beringin tumbang dan menimpa beberapa bagian pura Pura Dalem Lingsir, Jemeng, Desa Sangeh. (Foto: M-003)

BADUNG,MENITINI.COM- Sebuah pohon beringin tumbang dan menimpa beberapa bagian Pura Dalem Lingsir, Jemeng, Desa Sangeh. Kejadian Senin (22/4/2024) pagi sekitar pukul 07.20 itu menimpa bagian asagan dan tembok penyengker pura tersebut.

Atas kejadian itu, Kalaksa BPBD Badung, I Wayan Darma mengatakan Tim TRC BPBD Badung dibantu masyarakat setempat, Perbekel, Perangkat Desa, trantib, Bab Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Sangeh turun melakukan penegangan.

“Tim dibantu stakeholder terbaik langsung melakukan penanaman di lokasi,” ungkapnya.

Selain melakukan penanganan, tim juga melakukan asesmen atau pendataan. Akibat kejadian ini, diperkirakan mengalami kerugian puluhan juta rupiah. “Dari kejadian ini, kerugian diprediksi kurang lebih sekitar Rp50 juta,” jelasnya.

Sebelumnya, Darma menerangkan bahwa bagi masyarakat maupun kelompok masyarakat yang mengalami kerugian materiil dapat mengajukan permohonan bantuan.

BACA JUGA:  Atap dan Plafon SDN 3 Bongkasa Jebol Ditimpa Pohon Tumbang

Hal ini sesuai dengan ketentuan dan permohonan ditujukan kepada Bupati Badung.  Kemudian, dari permohonan tersebut akan diturunkan Tim Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana (Jitu Pasna). Kalau ada rumah mau pun pura di lingkungan permukiman pihaknya bekerja sama dengan Dinas Perumahan dan Permukiman. 

“Jadi untuk bantuan itu (kebencanaan), menggunakan anggaran Belanja Tak Terduga,” ungkapnya. Untuk diketahui tahun 2024 Pemkab Badung telah menyiapkan anggaran Belanja Tak Terduga Rp 70 Miliar dan tidak semua untuk penanggulangan bencana, karena mencangkup juga seluruh kegiatan yang tidak direncanakan. (M-003)

  • Editor: Daton