Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Kejati Papua, Begini Pesan Kejagung RI

Bertempat di Menara Kartika Adhyaksa, Wakil Jaksa Agung Dr. Sunarta mewakili Jaksa Agung ST Burhanuddin menyampaikan amanat pada Acara Pengambilan Sumpah, Pelantikan, dan Serah Terima Jabatan Kepala Kejaksaan Tinggi Papua. (Foto: ist)

DENPASAR,MENITINI.COM-Wakil Jaksa Agung Dr. Sunarta mewakili Jaksa Agung ST Burhanuddin menyampaikan amanat pada Acara Pengambilan Sumpah, Pelantikan, dan Serah Terima Jabatan Kepala Kejaksaan Tinggi Papua, Senin (12/12/2022) bertempat di Menara Kartika Adhyaksa Jakarta.

Dalam amanatnya, Jaksa Agung yakin bahwa Kepala Kejaksaan Tinggi Papua yang baru nantinya akan mengerahkan kemampuan terbaik untuk menghadirkan Kejaksaan yang profesional, modern, bermartabat, dan terpercaya di tengah masyarakat.

Papua merupakan salah satu provinsi yang memiliki kekhususan, yaitu memiliki otonomi khusus dimana kewenangan khusus yang diakui dan diberikan kepada Provinsi Papua untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat menurut prakarsa sendiri berdasarkan aspirasi dan hak-hak dasar masyarakat Papua.

BACA JUGA:  JAM-Pidum Setujui 15 Pengajuan Restorative Justice

Pemberian kewenangan tersebut dilakukan agar penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan di Provinsi Papua dapat memenuhi rasa keadilan, mempercepat tercapainya kesejahteraan rakyat, mendukung terwujudnya penegakan hukum, dan menampakkan penghormatan terhadap hak asasi manusia (HAM) di Provinsi Papua, khususnya masyarakat Asli Papua.

Untuk itu, Jaksa Agung menekan, Kejati yang baru untuk segera mengidentifikasi, mempelajari, menguasai, dan menyelesaikan berbagai persoalan di tempat penugasan baru. Menciptakan suasana kerja yang produktif, inovatif, transparan dan menyenangkan dalam mengarahkan pelaksanaan tugas, guna menjaga keharmonisan, kekompakan, terutama dukungan dari jajaran kerja yang berada di bawah kepemimpinan saudara, agar tetap selaras dengan visi dan misi korps.

Mencurahkan segala kemampuan, pengetahuan, dan pengalaman untuk menghasilkan capaian kinerja yang optimal dan hasilnya dapat dirasakan manfaatnya bagi kemajuan Kejaksaan. Wujudkan proses penegakan hukum yang adil, profesional, dan bermartabat yang dilaksanakan senantiasa dengan berlandaskan hati nurani dan integritas luhur. Bina dan pastikan seluruh jajaran yang saudara pimpin tidak melakukan perbuatan tercela.

BACA JUGA:  Membangun Kesatuan Mulai Dari Tanah Papua

Selain itu, Jaksa Agung menekankan bahwa sebentar lagi akan memasuki tahun politik, dan untuk itu Kepala Kejaksaan Tinggi Papua yang baru ini harus memastikan bahwa persiapan pelaksanaan Pemilihan Umum serentak tersebut lancar dan aman. Di samping itu, segera pelajari dan evaluasi kondisi serta situasi wilayah saudara, jaga netralitas personil, dan pro aktif meningkatkan koordinasi dan bangun hubungan kerja sama yang baik antar instansi dan lembaga pemerintahan.

Selanjutnya, Jaksa Agung berharap WITONO, S.H., M.Hum. sebagai pejabat yang baru dilantik, mampu menjalankan perintah tersebut dengan sebaik-baiknya, profesional dan berintegritas sehingga dapat menjaga marwah Kejaksaan di tengah masyarakat. Teruntuk NIKOLAUS KONDOMO, S.H., M.H., Jaksa Agung atas nama korps dan pribadi, menyampaikan terima kasih atas pengabdian yang telah diberikan bagi Kejaksaan RI. (rls/M-011)

BACA JUGA:  Oplos Tabung Gas 3 Kg ke 12 KG, Pria Buleleng Dibekuk