Kamis, 18 Juli, 2024

Bupati Jembrana I Nengah Tamba, saat menyapa peserta lomba Bercerita dan Pidato Bahasa Bali. (Foto: M-011)

JEMBRANA,MENITINI.COM-Sebagai upaya menggerakkan budaya gemar membaca dan melestarikan budaya lokal untuk membangun generasi berkualitas menuju Jembrana Emas, pemerintah kabupaten Jembrana menggelar Lomba Bercerita dan Lomba Pidato Bahasa Bali.

Lomba dibuka Bupati Jembrana I Nengah Tamba, Kamis (5/10/2023) bertempat di Gedung Kesenian Ir Soekarno. Turut hadir Sekda I Made Budiasa serta OPD terkait dilingkup Pemkab Jembrana.

Asisten Administrasi Umum I Made Dwi Maharimbawa selaku Ketua Panitia acara menjelaskan pelaksanaan lomba menggunakan anggaran dari APBD Kabupaten Jembrana terkait program pembinaan perpustakaan, kegiatan pembudayaan gemar membaca tingkat daerah kabupaten/kota.

“Perlombaan ini dibagi menjadi 2 yaitu, Lomba bercerita yang diikuti oleh 10 orang dari siswa siswi SD/MI se kabupaten Jembrana dan Lomba Pidarta bahasa bali yang diikuti oleh 10 orang dari siswa siswi SMP se kabupaten Jembrana,”jelasnya.

BACA JUGA:  Bupati Jembrana Beri Penghargaan Tokoh Pendidikan Hindu

Sementara Bupati I Nengah Tamba usai membuka jalannya perlombaan menyambut baik kegiatan tersebut. Selain melestarikan budaya lokal juga menjadi pembentukan karakter generasi muda. “Ini penting sebagai bentuk pendidikan mental dan karakter kepada generasi muda Jembrana, selain menerapkan budaya gemar membaca juga kita melestarikan budaya lokal yaitu budaya Bali ini,”ujarnya.

¬†Pada kesempatan itu, Bupati Tamba juga mencontohkan bagaimana mecerita (dalam bahasa bali), adapun cerita yang disampaikan dengan judul ‘Siap Selem’. “Ikuti dengan serius lomba ini agar budaya ini tetap lestari, dan jadilah contoh bagi anak – anak muda Jembrana lainnya dalam mewujudkan SDM berkualitas menuju Jembrana Emas 2026,” tutupnya. (M-011)

  • Editor: DRL
BACA JUGA:  Setelah Bisa Menghirup Udara Bebas, Mantan Bupati Jembrana, Winasa Jogging