Rabu, 29 Mei, 2024

AMBON,MENITINI.COM-Kepala Hukum Lanud Pattimura Ambon, Kapten Kum Andro Riski Pradipta, mewakili Danlanud Pattimura, Kolonel Pnb. Tiopan Hutapea, memberikan pencerahan kepada para prajurit terkait pinjaman online (Pinjol).

Dalam pencerahannya lewat penyuluhan hukum di Lapangan Apel Luhukay Lanud Pattimura, Andro meningkatkan kesatuannya tentang resikonya pinjaman online. 

Menurutnya, hal itu bisa berdampak sosial kepada peminjamnya di tengah masyarakat. “Karena itu, prajurit TNI-AU di Lanud Pattimura diingatkan jauhi Pinjol,” sebutnya, Senin (30/10/2023).

Ikut hadir dalam kegiatan itu para Kadis, para Kasatker, Anggota Bintara dan Tamtama serta PNS Lanud Pattimura. 

Andro, menegaskan  maraknya layanan pinjaman online (fintech) Ilegal maupun yang sudah dalam pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), membuat kemudahan dalam melakukan pengajuan pinjaman keuangan secara Online.

Dikatakan, masalah akan timbul, bila prajurit tidak mampu membayar  pinjaman tersebut. Dalam perspektif hukum pidana memang tidak dapat dilaporkan maupun dipidana, namun secara hukum perdata adanya hutang berakibat kedepan menjadi beban yang harus dibayarkan, kata Andro. 

Kejahatan Pinjaman Online, menurut Andro, memberikan bunga dan denda yang sangat tinggi bagi nasabah apabila gagal membayar, ancaman sosial untuk dipublikasikan data personal nasabah hingga pembekuan data BI Checking Nasabah hingga maksimal 60 bulan oleh Bank Indonesia.

“Hal ini tentunya sangat merugikan bagi para Anggota yang terjerumus Pinjaman Online,” ucap, Andro mengingatkan.

Menurutnya, Melalui metode pendekatan penyuluhan atau ceramah, kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Nah Dengan metode tanya jawab ini diharapakan bagi prajurit dan PNS Lanud Pattimura dapat mengerti dan memahaminya sehingga menjadikannya, sebagai edukasi bagi keluarga.

“Dalam kesimpulannya bagi prajurit Lanud Pattimura harus mengedepankan point ke 5 dari 8 Wajib TNI, bahwa setiap Prajurit harus menjadi Contoh dalam sikap dan kesederhanaannya. Sekaligus selalu bersyukur atas setiap berkat yang diberikan Tuhan kepada kita,” kata Andro. (M-009)

  • Editor: Daton