Hujan Deras, Angin Kencang, Pohon Tumbang Timpa Kendaraan, Mobil dan Motor Rusak

Lokasi kejadian pohon tumbang di Jalan Wolter Monginsidi, Kelurahan Lateri, Kecamatan Baguala, Kota Ambon.
Lokasi kejadian pohon tumbang di Jalan Wolter Monginsidi, Kelurahan Lateri, Kecamatan Baguala, Kota Ambon. (M-009)

AMBON, MENITINI.COM-Hujan disertai angin kencang menerjang wilaya Kota Ambon, sebuah pohon mangga di kawasan Jalan Wolter Monginsidi di Kelurahan Lateri, kecamatan  Baguala, Ambon tumbang, Kamis (1/12/2022).

Akibat angin kencang, sejumlah pohon tumbang di beberapa lokasi di Kota Ambon hingga menimpa kendaraan warga.

Berdasarkan pantauan media ini di Jalan Sultan Hairun, sebuah pohon manga yang berada tak jauh dari lampu merah di kawasan itu juga tumbang hingga menutup sebagian badan jalan. Kejadian itu menyebabkan arus lalu lintas sempat terganggu.

Sementara di area kantor gubernur Maluku, sebuah pohon mangga tumbang dan menimpa dua mobil yang sedang parkir di halaman kantor gubernur.

BACA JUGA:  Banjir dan Longsor Masif di Kabupaten Nagekeo

Satu mobil mengalami kerusakan cukup parah di bagian belakang karena tertimpa batang pohon yang tumbang.

“Tadi anginnya sangat kencang dan tiba-tiba kita mendengar ada bunyi yang keras ternyata pohon mangga roboh dan menimpa mobil,” kata salah satu pegawai kepada media ini di lokasi kejadian.

Beberapa saat kemudian, sejumlah pegawai kantor gubernur Maluku dan petugas Satpol PP membantu menarik mobil yang tertimpa pohon tumbang tersebut.

Advertisements
Lokasi kejadian pohon tumbang di Jalan Wolter Monginsidi, Kelurahan Lateri, Kecamatan Baguala, Kota Ambon. (Foto: M-009)

Dari hasil pantoan media ini, Cuaca ekstrem yang melanda Kota Ambon juga menyebabkan terjadi pohon tumbang di Jalan Wolter Monginsidi tepatnya di Kelurahan Lateri, Kecamatan Baguala, Kota Ambon.

Saat kejadian sekira pukul 12.00 WIT, Piter Ronaldo Hommy memarkirkan kenderaan roda dua miliknya untuk berteduh di tempat jual kayu yang berdekatan dengan pohon mangga yang roboh, ujar Kapolsek Baguala, AKP Meity Jacobus kepada wartawan.

Akibat kejadian itu, dua sepeda motor yang sedang parkir tak jauh dari lokasi kejadian mengalami kerusakan setelah tertimpa pohon manga yang tumbang.

“Ada dua sepeda motor yang rusak. Jadi pemilik kendaraan berhenti dan memarkir motornya di situ untuk berteduh saat hujan dan angina kencang, tiba-tiba pohon mangga itu tumbang dan menimpa motornya,” kata Kapolsek.

Ia menjelaskan kejadian pohon tumbang di kawasan itu sempat membuat arus lalu lintas terganggu sehingga personel Polsek Baguala yang tiba di lokasi kejadian terpaksa bekerja keras untuk mengurai kemacetan.

Arus lalu lintas baru kembali normal setelah petugas BPBD Kota Ambon bersama petugas Damkar dibantu personel Polsek Baguala, personel Polairud dan personel Sabhara Polda Maluku bersama personel TNI membersihkan batang pohon yang menutupi badan jalan.

“Pembersihan dilakukan dengan menggunakan dua mesin potong, dan saat ini arus lalu lintas sudah lancar kembali,” ujarnya. (M-009).

Lampiran Foto: Lokasi kejadian pohon tumbang di Jalan Wolter Monginsidi, Kelurahan Lateri, Kecamatan Baguala, Kota Ambon.