Hari Kesehatan, Pemkab Karangasem Beri Penghargaan Nakes Teladan

AMLAPURA,MENITINI.COM-Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa menyerahkan penghargaan tenaga kesehatan (Nakes) teladan kategori dokter pada kegiatan senam peringatan HKN (Hari Kesehatan Nasional) ke-59 di Taman Budaya Candra Buana, Minggu (26/11/2023).

Dalam kesempatan tersebut Wayan Artha Dipa mengharapkan para Nakes di Kabupaten Karangasem mampu berperan dalam menekan angka stunting yang kini sudah turun menjadi 9,2 persen.

Untuk mengembangkan Karangasem Sejahtera, kata Artha Dipa, SDM yang berkualitas menjadi fokus perhatian Pemerintah. Di bidang kesehatan yang tak kalah penting, isu kesehatan harus diketoktularkan oleh para ahlinya.

Para Dokter yang mendapatkan penghargaan diantaranya, kategori dokter gigi, perawat, bidan, tenaga gizi, tenaga ATLM, tenaga keterapian fisik dan tenaga teknis medis. Pemerintah memberikan apresiasi kepada semua komponen yang sudah berkontribusi.

BACA JUGA:  HUT ke-1 Prolanis Klinik Anugerah Denpasar, Digelar Berbagai Kegiatan

“Terima kasih kepada pegawai kesehatan sehingga sudah mendapat akreditasi paripurna dan mudah- mudahan Karangasem bisa lebih maju dan lebih baik,” ujar Artha Dipa.

Pemerintah Kabupaten Karangasem menaruh harapan terhadap para nakes. Perekrutan Calon P3K, kata Dipa, juga diharapkan bisa memenuhi kekurangan tenaga kesehatan yang ada. “Tahun ini Pemkab Karangasem juga melakukan rekrutmen tenaga kesehatan melalui PPPK, sehingga itu kita harapkan menambah tenaga Kesehatan,” ujarnya.

Sedangkan Kadiskes Karangasem, dr. I Gusti Bagus Putra Pertama menyebutkan, sesuai tema HKN kali ini, Transformasi Kesehatan adalah salah satu bagian untuk menuju Indonesia Maju, Indonesia emas.

Di Kabupaten Karangasem, transformasi kesehatan telah diawali dengan tersebarnya 2.622 tenaga kesehatan dengan berbagai latarbelakang pendidikan dan profesi baik yang bertugas di Dinas Kesehatan maupun di 33 faskes milik pemerintah maupun swasta.

BACA JUGA:  Gula Sehat Belum Tentu Lebih Sehat

“Transformasi Kesehatan di Karangasem diawali dengan tersebarnya 2.622 tenaga Kesehatan baik yang bertugas di dinas Kesehatan maupun miliki pemerintah dan swasta,” ujarnya.

Gusti Bagus Putra Pertama juga menambahkan, meski jumlahnya masih jauh dari cukup, namun pelayanan tetap diupayakan optimal, ditambah dengan dukungan pelayanan AJP dan Jenazah yang sangat diminati masyarakat. Bahkan saat ini sudah 100 persen  seluruh Puskesmas yang telah terakreditasi. (M-003)

  • Editor: DRL