Guru TK Kintamani Sehat dan Cerdas Hadapi Normal Baru

Para guru TK Kintamani latihan Brain Gym menuju normal baru bidang pendidikan

DENPASAR, MENITINI.COM Undhira (Universitas Dhyana Pura) melalui proram kemitraan masyarakat PAUD Sehat Cerdas Ceria Hibah DRPM Kemenristek/BRIN tahun 2020 melakukan kegiatan pelatihan dan pendampingan di TK Negeri Kintamani, Kabupaten Bangli.

Ketua Tim Undhira Putu Indah Lestari, M.Pd mengatakan, pihaknya mendapat dukungan dari Kepala Sekolah TK Negeri Kintamani, Ida Ayu Erwin Widayanti, S.Pd AUD dan guru-guru dalam melakukan kegiatan–kegiatan peningkatan kapasitas guru dan siswa. 

“Kegiatan dilakukan Tim Undhira meliputi workshop Anak Berkebutuhan Khusus, pelatihan dan pendampingan brain gym, serta kegiatan pola hidup bersih dan sehat bagi siswa TK Negeri Kintamani,” kata Putu Indah Lestari, di Denpasar, Jumat (17/7/2020).

Situasi pandemi ini  tak menyurutkan antusiame dan semangat dari guru-guru mengikuti kegiatan pelatihan.  “Sekolah kami menerima murid ABK, namun kami belum mampu menangani anak ABK dengan baik. Kegiatan workshop seperti ini menambah wawasan kami tentang bagaimana cara menangai anak ABK, misalnya autis dan hiperaktif” kata Ida Ayu Erwin Widyanti.

BACA JUGA:  Harumkan Nama Daerah Tanpa Dukungan Pemprov Maluku

Perwakilan guru dari TK Pra Widya Dharma Satra dan TK Negeri Belantih juga turut sebagai peserta workshop ABK.  Tim Undhira memberikan pelatihan dan pendampingan brain gym  yang secara daring bagi siswa TK Negeri Kintamani dengan memberikan video tutorial yang telah disiapkan Tim Undhira yang beranggotakan Elizabeth Prima, M.Pd dan Indah Pramita, M.Fis.

“Hasil riset menyebutkan brain gym mampu meningkatkan kemamuan otak dalam berkonsentrasi, koordinasi, kognitif, dan memori”, imbuh Pramita. Sementara itu pelatihan brain gym secara luring diberikan bagi guru-guru TK Negeri Kintamani dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Program kegiatan pola hidup bersih dan sehat diberikan kepada siswa secara daring melalui video tutorial yang dapat diakses melalui channel youtube. Melatih siswa membiasakan hidup bersih dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir minimal selama 20 detik. Tidak luput membiasakan menjaga kesehatan tubuh dengan mandi dan sikat gigi secara teratur, serta menjaga kebersihan lingkungan sekitar agar tetap sehat.

BACA JUGA:  Perdunu Gelar Festival Santet dan Promosi Daya Tarik Mistis Banyuwangi

Kegiatan kemitraan masyarakat yang dilakukan Undhira di TK Negeri Kintamani hendaknya dapat berlanjut bahkan harapannya pelatihan dan pendampingan yang dilakukan Undhira memberikan keungguluan bagi TK Negeri Kintamani membedakannya dengan TK lainnya di Kabupaten Bangli. poll

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*