Bali Menantikan Motor Listrik Rakitan Anak Bangsa, Begini Permintaan Pemilik Show Room Motor

DENPASAR, MENITINI.COM-Show room dan dealer resmi sepeda motor Honda sudah menantikan kehadiran sepeda motor listrik rakitan anak bangsa untuk dipasarkan ke masyarakat Bali. Penggemar berat sepeda motor Honda ini, sangat menantikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi masyarakat Bali yang ingin memulai merasakan sensasi mengaspal dengan kendaraan listrik.

“Barangkali tak lama lagi jalan-jalan di  Bali dipenuhi wara-wiri motor listrik.  Hal ini terlihat dari besarnya permintaan konsumen yang datang ke showroom kami dan menanyakan merek motor Honda,” kata Ni Made Yulia salah satu pemilik show room kendaraan listrik di Denpasar, Jumat siang (7/7).

Dikatakan trend penggunaan kendaraan listrik menjadi suatu fenomena minat dan animo yang tinggi di masyarakat Bali. Menurut sepeda motor listrik membuat konsumen bisa berhemat banyak, karena tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli bahan bakar yang mahal.

BACA JUGA:  ITDC Sambut Penyelenggaraan Porsche Sprint Challenge Round-2 di Pertamina Mandalika International Circuit

Apalagi biaya yang dibutuhkan oleh motor listrik kurang dari setengah biaya operasional motor konvensional. Selain penghematan biaya, tarif listrik juga jauh lebih stabil daripada harga bahan bakar minyak (BBM). “PLN kan sudah menyediakan charging station alias Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) di sejumlah titik di Bali,”  katanya seraya menyebutkan kemudahan lainnya, yaitu hadirnya Swap Energi, seperti di setiap outlet Circle-K Bali menciptakan kenyamanan saat mengendarai motor listrik.

Motor listrik memang benar makin banyak diminati masyarakat, khususnya di Bali setelah keluarnya Pergub Bali No.45 Tahun 2019 tentang Energi Bersih dan Peraturan Gubernur Nomor 48 Tahun 2019 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai.

BACA JUGA:  Produsen Mobil Ford Buka Dealer Resmi di Samarinda

Bahkan, Pemerintah Provinsi Pemprov Bali menargetkan penggunaan 140 ribu motor listrik pada 2026. Apalagi, Pemerintah Pusat telah mengumumkan bakal memberikan subsidi untuk setiap pembelian motor listrik senilai Rp7 juta per unitnya.  

Hal inilah yang makin menyebabkan konsumen motor Honda makin tergiur menantikan kendaraan listrik buatan di Indonesia menjajal aspal di Bali. “Subsidi kan sudah berlaku sejak 20 Maret 2023. Jadi kita nantinya motor listriknya Honda,” kata Ketut Putrawan, salah satu penggemar berat motor Honda, saat kebetulan ditemui di Kopi Bali House, pada Sabtu (8/7).