12 Warga Kota Ambon Korban Gigitan Anjing Rabies

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, drg. Wendy Pelupessy, M.Kes.
Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, drg. Wendy Pelupessy, M.Kes. (foto: M-009)

AMBON, MENITINI.COM-Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, drg. Wendy Pelupessy, M.Kes mengungkapkan, pihaknya telah melakukan perawatan terhadap 12 warga Kota Ambon, yang digigit oleh anjing rabies.

Para korban itu digigit anjing rabies disejumlah kawasan berbeda. “Bukan terima laporan tapi kita langsung menangani pasien korban digigit anjing rabies sebanyak 12 orang. Mereka ini digigit di Belakang Soya, mardika, swalayan citra dan beberapa titik lainnya, ” kata Wendy, kepada wartawan di Balai Kota, Senin (22/8/2022) sore.

Kata Wendy, belasan warga itu mendapat perawatan medis di sejumlah Puskesmas yang ada di Kota Ambon.

“12 orang itu merupakan korban gigitan anjing rabies hari ini, Senin 22 Agustus 2022. Kalau sebelumnya tidak ada,”jelas Wendy.

BACA JUGA:  VIDEO Dua Pengendara Sepeda Motor Tertimpa Pohon

Menurutnya, korban gigitan anjing rabies ini kondisi mereka sudah membaik. “Sudah kita tangani dan suntik vaksin,” terangnya.

Kelahiran 24 April ini mengaku, untuk stok vaksin rabies di Kota Ambon tercukupi. “Stok vaksin kita cukup untuk kita tangani pasien gigitan anjing rabies ini, ” ungkapnya.

Disinggung soal penanganan anjing rabies sendiri, Wendy menegaskan, jika itu merupakan kewenangan Dinas Pertanian Kota Ambon.

“Untuk anjingnya itu di Dinas Pertanian, sedangkan untuk orang atau korban gigitan anjing itu tanggungjawab kita Dinas Kesehatan,”tutup Wendy. (M-009).