Jumat, 12 Juli, 2024

Wonderful Indonesia Co-Branding Awards Kembali Digelar, Apresiasi dari Kemenparekraf. (Foto: istimewa)

JAKARTA,MENITINI.COM-Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melalui Deputi Bidang Pemasaran kembali menggelar malam penghargaan untuk para mitra resmi Co-Branding. Sekitar 108 brand telah tergabung dalam program Co-Branding Wonderful Indonesia.

Brand-brand tersebut adalah kelompok pelaku usaha dalam berbagai macam kategori bisnis baik yang berhubungan langsung maupun tidak dengan industri pariwisata dan ekonomi kreatif, memiliki komitmen untuk memperkuat program pemasaran Kemenparekraf melalui berbagai aktivitas dengan mengusung brand Wonderful Indonesia.

Acara Co-Branding Awards 2023 yang kali ini digelar di Pos Bloc Jakarta, merupakan kali kelima, yang mana perhelatan sebelumnya berlangsung pada tahun 2018, 2019, 2021, dan 2022. Program ini diharapkan mampu melahirkan dan mempertahankan semangat dari para mitra untuk mengembangkan kegiatan pemasaran pariwisata dan ekonomi kreatif dalam brand Wonderful Indonesia. Pada akhirnya, apabila industri berkembang, setiap pemangku kepentingan yang terlibat akan memperoleh manfaat dalam konsep mutual benefit.

BACA JUGA:  Kemenparekraf Dukung ASITA Run 2024, jadi Inspirasi untuk Hadirkan Event Daya Tarik Wisata

Program yang dihasilkan dari kerja sama kemitraan co-branding sering kali melibatkan multi-brands, dengan Wonderful Indonesia menjadi payung dari kolaborasi tersebut. Lebih dari 65 aktivasi terjadi antara Mitra dengan Wonderful Indonesia maupun kerjasama antar mitra dalam ekosistem Co-branding Wonderful Indonesia. Beberapa program kolaboratif yang mengundang partisipasi mitra co-branding yang cukup masif adalah Pukis (Pesona Indonesia Punya Kuis) dan Flash Sale 11.11. Antusiasme ditunjukan oleh para mitra co-branding dalam rangka mendukung program-program pemerintah, khususnya pada ranah pemasaran.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf RI, Ni Made Ayu Marthini, saat memberikan laporan pelaksanaan kemitraan co-branding, Jakarta (29/11/2023), memaparkan bahwa Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif secara konsisten melibatkan Pentahelix Pariwisata yaitu Akademisi, Bisnis, Pemerintah, Komunitas, dan Media.

BACA JUGA:  Subak, Cermin Pembagian Air Berkeadilan di Pulau Dewata

Bahkan dalam melakukan penilaian pada Wonderful Indonesia Co-Branding Awards (WICA) 2023, Kemenparekraf menggandeng akademisi serta praktisi media sebagai juri dan kurator.

“Ada 4 kategori yang diperebutkan tahun ini di mana kami didukung oleh para dewan juri yang terdiri dari praktisi dan akademisi sesuai dengan keahliannya masing-masing,” kata Ayu Marthini.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, pada sambutannya menyampaikan bahwa Wonderful Indonesia Co-Branding Awards merupakan bentuk terima kasih, stimulus, dan apresiasi terhadap kontribusi para mitra co-branding. Pada tahun ini terdapat inovasi bagi para pemenang yaitu badge digital yang bisa memberikan added value bagi para pemenang. Badge digital ini bisa digunakan oleh para pemenang untuk mempromosikan jenamanya.

BACA JUGA:  Ini Hasil Survei Dampak Penyelenggaraan World Water Forum 2024

Menteri yang akrab disapa dengan Mas Menteri ini juga meyampaikan bahwa kolaborasi co-branding memberikan dampak bagi shared brand equity Wonderful Indonesia dan menegaskan pentingnya penggunaan logo ini secara benar.

“Harapan saya, sebagai salah satu brand guardian dari Wonderful Indonesia, adalah setiap entitas yang mendapatkan hak untuk membawa, mengusung, dan menggunakan identitas Wonderful Indonesia, tolong dapat menjaganya dengan baik. Agar brand equity Wonderful Indonesia tidak diluted, tentunya kualitas mitra juga akan kami jaga agar sesuai dengan brand objective kami,” jelasnya.

Mas Menteri juga berseloroh bahwa identitas yang memiliki kandungan nilai yang tinggi yang terus dirawat sejak dulu. “Kita berkewajiban menjaga identitas pariwisata dan ekonomi kreatif bangsa Indonesia dan tidak dipakai secara sembarangan”, tutupnya. (M-011)